RSS

Stel Klep Pulsar 135 LS

16 Feb

Semenjak punya motor baru kali ini demen ngoprek2 sampe lumayan dalem saking penasarannya sama kecewa sama settingan BERES (bengkel resmi) yg suka gak beres.

dari dulu emang suka ngoprek, di awali dari komputer waktu SMA dulu :D

kembali ke laptop…….

pulsar135ls ini atau biasa anak2 PEGASUS sebut pies agak beda dibanding kakak2nya pulsar150, 180, 200, 220, dimana klep pada baby pulsar ini adalah 4 klep (yg lainnya dua) satu silender SOHC, sama seperti jupiMX. berarti kalo kita stel klep mesti 4 kali ngukur tuh :D. kita mulai saja

alat2 yg dibutuhin :

  1. kunci 10 buat buka jok depan
  2. kunci L buat buka baut tangki
  3. kunci 8 buat buka tutup head
  4. kunci 9 buat ngendorin/ngencengin pelatuk klep
  5. kunci klep buat stel klepnya
  6. Thickness Gauge / Feeler Gaugeuntuk menghitung presisi setelan klep, untuk yg in (2 klep d belakang) ukurannya 0,05 dan out (2 klep d depan) ukurannya 0,1

Kita mulai workshopnya :D sbb :

pertama, pastinya kita buka tangkinya dulu dong pake kunci L, jgn lupa kran bensinnya di off dan dicabut selang yg ke karbunya, trus juga jgn lupa lepas socket indikator bensin yg ada di bawah tangki.

kedua, kita buka head blok mesin atas pake kunci 8, jangan lupa chop busi nya dicabut dulu ya :) :

sebelum membuka blok atas yg item itu, cabut dulu selang yg ada di atasnya itu ya. abis dibuka, begini nih daleman klep dari pies :

ketiga, Β setelah dibuka, cari rantai keteng yg ada di sebelah kanan motor lalu setel sampai menemukan posisi TMA, yaitu posisi dimana di gir rantai keteng ada tulisan T itu berada diatas dan tegak lurus dengan blok mesin yg dibuka, atau dua garis di kanan kiri sejajar dgn blok mesin. cara memutar posisi TMA adalah diputas searah jarum jam di gir rante keteng, bisa dengan kunci L (lupa ukuran berapa) atau menekan perlahan kick starter. berikut penampakannya :

keempat, setelah mendapat posisi TMA coba masukkan fuler yg 0.05 ke klep in, klau langsung los masuk berarti klep kerenggangan, klo gak bisa masuk berarti kekencengan. cara setelnya adalah kendorkan dulu rumah klepnya (yg kayak baut) dgn kunci 9 sedikit aja, jgn kendor2, trus dengan kunci klep kendorkan atau kencangkan dgn memasukkan fuler 0.05 ke klep in nya sampai terjepit…. cari posisi dimana fuler agak seret untuk keluar masuk klep agar posisi pas, jgn gampang masuk/keluar atau gak bisa keluar. sama hal nya dgn klep out, tp ukuran fuler nya adalah yg 0.1

posisi paling bawah itu fuler gauge nya, yg tengah kunci 9 buat ngenceng/ngendorin pelatuk/rumah klepnya, yg paling atas kunci klep buat setel kerenggangan klepnya :

kelima, setelah dirasa pas klep dgn ukuran fulernya, jgn lupa kencangkan rumah klepnya lagi dgn kunci 9 tadi sambil tetap menahan klepnya dgn kunci klep agar tidak ikut bergerak klepnya

keenam, setelah selesai dikencangkan tutup kembali blok mesin atas dan jgn lupa pasang kembali selangnya, dimana selang ini berfungsi ketika oli menembur lebih maka akan dibawa oleh selang ini masuk kembali ke bawah.
pasang kembali tangki dkk… lalu rasakan bedanya :)

saran, klo blm punya alat n blm liat secara langsung lebih baik jgn coba2, khawatir terjadi kesalahan…..

Selamat mencoba, tapi kerusakan di luar tanggung jawab saya ya :D hehehehe…..

semoga bermanfaat :)

 
24 Comments

Posted by on 16 February 2011 in Otomotif

 

Tags: , , , , , , ,

24 responses to “Stel Klep Pulsar 135 LS

  1. vwx a.k.a capelah

    16 February 2011 at 13:03

    thx bang fikri! ntar mo mudik biar diajarin ma kk ane dulu! mo beli alat2nya dulu!

     
    • bangfikri

      16 February 2011 at 13:33

      Seep… ati2 di jalan ya bro mudiknya. waktu itu alat2 ane pinjem di XO :p

       
  2. Mahesa

    16 May 2011 at 21:30

    Wah BOLJUG neh di training & pinjam alatnya…hehehehe

     
    • bangfikri

      16 May 2011 at 23:08

      Wakakak… Waktu itu si XO blm punya bengkel bro, msh di rumah n anak2 pegasus suka kopdar di sana hari sabtu/ahad siang. Si gryphus tuh yg ngajarin qt scara praktek. Pas ane ksana (d foto itu) kris jg lg nyoba stel klep motor sendiri :D

      Klo ente skrng ujug2 dtng ke XO bilang, “kris, gw pinjem alat2 bengkel lo ya skalian ajarin gw stel klep”, wakakak… Bisa diketawain mekaniknya nanti, secara dia udh punya bengkel. Makanya tuh ane pernah usul pegasus ngadain workshop lg kayak dulu, bisa nambah banyak ilmu lho, tp klo mo workshop waktunya jangan malem :D

       
  3. haicy

    27 July 2011 at 00:00

    bang setelan klep tu dalam mm apa cm ya? kalo mm berarti feller nya tipis banget ya?

     
    • bangfikri

      27 July 2011 at 06:57

      Dalam mm bro, emang tipis banget plat feelernya, makanya mesti teliti banget nyetelnya :D

       
  4. haicy

    27 July 2011 at 19:14

    ohh dalam mm ya? aduh tak kirain yang seukuran celah busi 0,7 mm gitu, jadi kemaren salah beli feeler deh : (

     
  5. arya

    11 August 2011 at 14:11

    thank infonya broo..

     
  6. ipanase

    25 August 2011 at 11:15

    sip deh, pngen bisa

     
  7. ujang sahroni

    30 September 2011 at 14:49

    Duuuuhhhh buat sapa aja yang punya informasi saya mo minta tolong… (klep mesin pulsar 135 bocor) dah cari” klep mesin pulsar 135, mulai dari fontana daan mogot, gunung sahari ama dewi sartika tapi hasil nihil. ada solusinya gak yaaaa???

    minta tolong ya.. kabarin ke (uzze_razizmaniacs@yahoo.co.id)

     
  8. codry

    9 November 2011 at 10:50

    artikel bagus broo..boleh ijin kopas..mo di tempel di web ane..klo ngga salah di kaskus juga ada artkel ginian..ane juga skrang klo stel klep sendiri aja..thanks udah saring broo..bermanfaat banget ilmunya..

     
    • bangfikri

      17 November 2011 at 10:00

      Siaaps bro, semoga bermanfaat :)

      *maap baru sempet reply

       
  9. Mudong Iyan

    5 March 2012 at 21:28

    oke deh,,
    makasi bang.
    jdi pngn langsung bongkar motor saya…..

     
  10. arya

    6 August 2012 at 08:55

    Bagus banget artikelnya bang, tapi kalo bisa pke tanda panah atau lingkaran biar lebih gampang ngeliatnya.. salam

     
  11. Hariez

    27 August 2012 at 20:18

    lam kenal bang?eh itu d gambarnya kepala mtrny pake p180 y?brapa bang harganya?soalny pngen pasang d p135 saya

     
    • bangfikri

      28 August 2012 at 10:00

      salam kenal juga bro :)
      itu gambar headlamp P200 nya Krisna XO, ane nyetelnya waktu itu di rumahnya dia disamping motor P200, n pas moto alat2nya d depan tu motor :D
      klo harganya skrng kan udah nggak produksi lg yg 200cc, diganti yg P200NS kan.
      klo harga P135 skrng ane kurang tau bro, tp denger2 sih cuma naik 50rb dari 14,7 jadi 14,75 dan suka ada promo cashback juga sih, coba aja langsung tanya ke dealer terdekat bro, sekalian test ride aja, tp klo dulu udah ada P220 ane milih P220 aja tuh bro :D

       
  12. Soerganda

    13 February 2013 at 23:46

    Bang pikri, request tutorial buka kepala pies dong. ditunggu loh yaaaa….

     
  13. Junius Vernando

    14 September 2013 at 00:37

    bro kl p200,, berapa kerenggangan klepnya..? biar asik tarikannya,, mkasih

     
  14. Trisno

    11 November 2013 at 14:14

    Gan kalo mau beli filler gauge beli dmn gan?

     
  15. Anugrah

    7 January 2014 at 16:30

    Gan ane pengguna pulsar 220
    Cara stel klepnya g mana ya,….?
    Posisi magnetnya ada di posisi apa atau tanda apa….?
    Thanks

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: