Ganti Oli dan Filter Oli Pulsar 135 LS,.. Gampang Kok :)

Tidak kerasa ternyata udah hampir empat bulan pusy belum diganti olinya, sekitar 3000km sepertinya (lupa dicatet), walaupun di buku manualnya oli yang sesuai spesifikasi pergantian berkalanya sampai 5000km, tapi tetep aja kalo kelamaan khawatir juga 😀 hehehe… Biasanya sih saya ganti oli per 3 bulan atau 2500km dengan oli yang sesuai atau mendekati spek yang ditentukan dengan sertifikasi JASO MA dan API SL kekentalan 20W-50. Oli yang pernah saya gunakan selain oli yang ada di bengkel resmi (Valvoline), saya pernah pakai Enduro Racing (JASO MA2, API SJ, 10W-40), Enduro 4T (JASO MA, API SJ, 20W-50), Castrol Power 1 (JASO MA2, API SJ, 10W-40), dan STP Speedtron (JASO MA, API SL, 20W-50)

filter oli pulsar

Karena di rumah juga masih ada sisa stok filter oli, maka sekalian deh diganti filter olinya, karena saya memang rutin tiap ganti oli dua kali saya ganti juga filter olinya. Kalau dari buku manual filter oli diganti tiap dua kali ganti oli (2 x 5000 km) atau tiap 10rb km. Peran filter oli sangat penting lho, karena filter yang terbuat dari kertas khusus ini mampu menyaring kotoran dan gram-gram kecil sebelum oli masuk ke ruang mesin agar oli bersih dan terhindar dari gesekan oleh kotoran pada mesin. Namun juga jika terlambat diganti tentu ketahanan filter ada masanya, apa jadinya jika filter oli mampet dan menyumbat oli? atau bahkan kertasnya hancur dan menjadi kotoran yang masuk bersama oli? oleh karena itu penting sekali mengganti secara berkala filter oli 🙂

kebetulan mau ganti oli beserta filternya jadi punya ide untuk ditulis jadi sebuah artikel deh sambil “jepret-jepret” setiap tahapan yang saya lakukan, karena sejak beli pusy baru 3 kali lho ganti oli di bengkel resmi, sisanya ganti sendiri di rumah 😀 hehehe….

perlengkapan

Pertama adalah alat-alat yang digunakan :

  1. Kunci 18 untuk membuka lubang pembuangan oli
  2. Kunci 8 untuk membuka rumah filter oli
  3. Tang untuk membuka tutup tempat oli
  4. Corong untuk memasukkan oli agar tidak meleber

Yang pertama harus dilakukan tentunya adalah membuang dulu oli lama yang ada di motor 😀 hehehe…. buka baut pembuangan oli yang ada di kiri bawah (posisi horizontal) dengan kunci 18, setelah terbuka ambil filter oli bawah agar oli dapat keluar dengan deras. Jangan lupa baskom untuk alas penampungan oli bekasnya kalau nggak mau lantainya kotor tercecer oli 😀

copot filter oli bawahnya

Sambil nunggu olinya tiris, sekarang saatnya kita ganti filter olinya. Posisinya ada di sebelah kanan, di blok mesin yang ada lingkaran dengan tiga buat baut penyangga. Buka baut-baut tersebut dengan kunci 8, kalau bisa jangan pakai kunci ring ya, tapi pake kunci pas, karena kalau pakai kunci ring nanti cepet rusak ulir bautnya.

Rumah filter oli
Setelah dibuka, perhatikan posisi per-nya

Setelah dibuka perhatikan posisi pernya, menghadap bagian luar, itu berarti nanti ketika kita memasang filter oli yang baru tempatkan posisi atau bagian yang ada pernya menghadap keluar ya, jangan sampai terbalik.

Lalu pasang filter oli yang baru dan tutup kembali rumah filter olinya. Perlu diperhatikan posisi tutup rumah filter oli seperti gambar di bawah ini, ada garis putih diantara dua baut, itu adalah bagian bawah, jadi nanti ketika memasang tutup rumah filter oli posisi garis tersebut ada menghadap bawah (kalo nggak nggak bakalan pas nanti/gak bisa dipasang)

Tutup Rumah Filter Oli, perhatikan garis putih di atas
Pasang dan Kencangkan (Posisi per menghadap luar)

Setelah filter oli terpasang dan ditutup dengan kencang agar tidak ada oli yang merembes serta oli sudah tiris, maka tutup kembali baut lubang pembuangan oli, jangan lupa filter bagian bawahnya dipasang kembali ya, jangan sampai lupa. Setelah kencang lalu kita masukkan oli barunya deh dari lubang oli di bagian mesin sebelah kanan, buka tutupnya dengan tang, masukkan corong, lalu tuangkan oli sebanyak 1 liter dan tutup kembali.

Buka tutup oli di bagian kanan mesin
pasang corong dan tuangkan oli sebanyak 1 liter
Olinya nih…

Selesai…..

Yaps, akhirnya prosesi penggantian oli sudah selesai, sekarang suara pusy menjadi semakin halus, getaran berkurang, dan tarikan jadi semakin ringan 🙂

Semoga bermanfaat 🙂

Note : jangan memaksa mengencangkan baut terlalu kencang karena bisa slek dan patah, gunakan tenaga yang sewajarnya saja.

63 thoughts on “Ganti Oli dan Filter Oli Pulsar 135 LS,.. Gampang Kok :)

  1. Mangstabh kang ulasannya…. tapi mau tanya, dari sekian banyak oli yang pernah dipake,..yg paling recomended apa ya??? di share donk,,, 😀

    1. ane paling sreg pake yg ada di poto itu 😀 STP Speedtron… walopun klo pake castrol or enduro racing lebih enteng, tp pake STP lebih adem dan alus

  2. nice info kak

    tp motor PCX q sekarang lagi minum Enduro Racing, enak cuma sampai 500 Km , setelah itu uda g enak, akhir na ganti oli ke Fuch silkolene (bener g c nulis na,wkwkwk) yg apa gitu lupa lumayan lah , tapi tetep g enak kl udah sampe 500 km,, mungkin harus pake oli kusus matic y ? ?

    1. emang spesifikasi oli dari pabrikan apa? kayaknya harus oli yg lebih encer deh, klo enduro kan tipe oli kental dgn SAE 20W-50. lalu juga sertifikasi yg direkomendasiin sama hondanya jg harus mendekati tuh…

  3. bang fikri harga filter olinya brapa. Ya genuine bajaj, ada tdk jual filter oli tdk di dealer resmi. Kalo mau sharing lewat sms bs tdk. No hpku 087797327661

    1. Filter oli yg genuine bajaj harganya cuma Rp. 7.500 kok, murah… Sepertinya part2 bajaj cuma ada di dealer resmi deh, nggak dijual bebas, tp di xomotoshop sepertinya sedia juga tuh part2 bajaj, dia ngambil dari dealer resmi.

      Klo mau sharing di sini, atau di fb atau di twitter @bangfikri aja bro. Kalo sms agak jarang bales kalo kelewat 😀 hehehe…

      Semoga bermanfaat 🙂

  4. Salam kenal bang Fikri 🙂

    Mengenai oli, ane baru 2x ganti oli dan pakenya Valvoline. Dari segi kualitas bagus ga sih? Kalo kita service dan ganti oli dibengkel resmi, ada opsi untuk milih oli ga ya?

    O iya, Pulsar 135S saya kalo nurunin gigi kadang suka ga dapet. Dalam arti, misal kalo kita mo nurunin dari gigi 3 ke 2, kita harus nginjek beberapa kali baru bisa turun ato sambil kita gas baru turun. Itu terjadi sama Pulsar 135 nt juga ga ?

    1. Salam kenal juga bro 🙂

      Dari segi kualitas valvoline menurut ane udah bagus bro, bisa dilihat dari sertifikasi yg ada seperti udah JASO MA (sertifikasi jepang untuk oli motor 4tak) dan API SL (sertifikasi AS), dan jarang oli yang udah dapet sertifikasi sampe API SL lho, kebanyakan masih API SG atau SJ.

      Nah, tapi masalah kecocokan sama motor ini beda2 bro, belum tentu oli bagus cocok sama motor kita, contoh aja oli sintetik dmn hargany jauh lebih mahal dan kualitas bagus, ternyata pas dipake malah nggak enak di PIES, makanya mengenai oli harus cocok2an, nggak asal beli oli bagus aja.

      Kalo menurut ane pribadi sih valvoline kurang klop sama pies walaupun sesuai spek rekomendasi pabrikan, karena suka slip kopling atau kopling nggak pas atau nggak masuk seperti yg bro alami karena ane juga pernah ngalamin itu 😀

      Abis itu ane nyoba2 oli lain (ganti sendiri di rumah) mulai dr yg encer spt enduro racing, castrol, smp yg kental kayak valvoline spt enduro 4T dan STP speedtron (speknya sama persis kayak valvoline). Akhirnya ane paling klop sama STP ini, tapi tiap orang bisa beda2 lho klopnya, klo mo cari tarikan yg enteng emang enaknya pake enduro racing, cm suara jd agak kasar.

      Kalo opsi milih oli di bengkel resmi (beres) ada kok, kan biasany dsana juga sediain Motul 3100 sama motul 5100, tmn jg ada yg pake dan katanya enak. Atau kita bawa oli yg mau kita pakai pas servis, selama speknya nggak jauh beda sama rekomendasi pabrik nggak ngilangin garansi kok.

      Semog bermanfaat 🙂

  5. trims bang fikri infonya, bahas jg dong tentang kelistrikan bajaj 135. Jg foto2nya jg. alur kabel,spido dan penggantian bohlam lampu. Trims. Alamat fbnya apa bang yg spesifik.

    1. Sama2 Bro, semoga bermanfaat 😀
      wah, kalo mengenai kelistrikan ane belum terlalu faham bro, jadi belum berani ngebahas, takut salah… hehehe…. ane malah sekarang lagi asik sama sepeda :p

      tapi nanti kalo ada ilmu baru yg ane dapet seputar pulsar insya Allah ane tulis 🙂

      Thanks bro

  6. salama kenal bos 😀

    kalau tidak salah untuk pulsar 135 itu kapasitas olinya 1 liter y…trs STP yg bos pake itu cuma 800 ml…ada nga stp yg 1 liter..?
    tks

    1. Salam kenal juga Bro 🙂

      iya, STP memang 800ml sedangkan oli PIES 1lt, jadi kurang 200ml, makanya itu saya foto ada 2 botol oli STPnya 😀 hehehe… jadi saya pake sebotol (800ml) terus saya tambahin 200ml lagi dari botol satunya, tinggal liat di jendela intip sampe diantara batas atas dan bawah olinya…

  7. bangfikri, bagi pengalamannya ya,,
    1. ngecek level kapasitas oli pls 135ls d sign glass tuh posisi mesin running atau posisi mati. cz kl posisi mati, sign glass nunjukin level oli diantara batas atas-bawah (sesuai manual book), tp kl mesin lg running, level oli turun drastis d bawah lvel bawah. wajar ngak sih bang?
    2. kl d manual book, recomended oil bwt pls 135ls 20W-50 API SL, JASO MA. sedangkan untuk dapet oli dngan spek itu gak semua produsen oli ngeluarin. kebanyakan cuma sampe SJ. kl yg SL kebanyakan gradenya 10W-40 , 15W-/50. kl kita pake oli yg SL tp gradenya bukan 20W-50 tp tetep API SL JASO MA, garansi mesinya masie berlaku gk y?
    makasih y sebelumnya…

  8. untuk mengecek ketinggian oli pada saat mesin dingin dan di standar tengah bro, kalo pas idup oli itu naik ke mesin jadi oli d kaca intip itu nggak keliatan krn udh naik melumasi mesin, kalo dingin lama2 nanti oli turun dan keliatan d jendela intipnya.

    untuk oli biar gak ngerusak garansi lbh baik tanya ke beres langsung dan kalo bisa ganti di beres, beres sendiri sebenernya jual oli motul yg speknya 15W-50 jaso ma api sl, jd sepertiny spek tsb msh bs dan gak merusak garansi, kalo yg 10W-40 terlalu encer untuk pies. Kalo ane sih pake stp speedtron yg sesuai spek pakrikan beli d carefour. Kalo garansi ane udh gak mikirin dan udh angus krn g pernah servis lg d beres krn kecewa

  9. udah pernah coba pake Motul Gold broo??? sekarang ane lagi pake oli ini SAE 15W-50,,dari mulai Valvoline, Fed-G, Federal Supreme XX sampe Enduro ane rasain Oli Motul ini yang paling enteng tarikannya n paling alus suara mesinnya,,yang paling penting gak nguap di P180 ane,,,
    oia broo kalo ane ganti oli mesin paling lama di 1500 km, maklum jakarta macet parah jadi kualitas oli pasti berkurang lebih cepet,,sayang juga kalo gara2 oli telat ganti malah jadi bumerang (inget dulu di megapro ane malah jadi turun mesin,,hikz hikz..)
    salam kenal ya broo…

    1. pengen nyoba juga sih bro pake motul, cos temen2 d pegasus jg udah pada nyoba tuh oli dan lumayan enak rasanya, cm belum sempet belinya aja 😀 maren baru ganti oli pake enduro 😀

      kalo federal pas ane liat di toko langganan ane kayaknya masih API SG deh, masih mendingan enduro yg API SJ.

      itu karena lupa aja blm sempet ganti jadi lewat sampe 3000km T_T kemarin selasa ane baru ganti itu kurang lebih 1500km juga kok, biasanya 1,5bulan ane ganti rutin, apalagi bener kata bro macetnya jakarta yg makin parah nih :D… semoga nggak telat lagi deh 😀

      Salam kenal dan salam brotherhood bro 🙂

  10. bang, bagi pengalamanya ya,,
    1. knapa ya p135ls ane enak d bawa lari pas pagi ama malem doang. maklum, ane kerja shift2an, jd pas shift sore, pergi kerja skitar jam 3 tarikan berat bgt. pengaruh oli bukan sih bang?
    2. ane baru aja ganti oli motor ane dgn BM1 P1000, 20W-50 API SJ, JASO MA. sejauh ini sih enak, tp kadang2 agak susah pindah gigi. pernah coba oli ini gk bang?
    sukron….

  11. @helmie1439: mmm.. Kalo masalah pagi siang malem ane jg bingung tuh bro, tp bs jadi masalah suhu dan jenis oli, kejadiannya pas pake BM aja atau semua oli?

    kelebihan oli kental buat mesin jd lebih adem dan awet, tp kekurangannya jd agak berat, walaupun menurut ane nggak signifikan sih. Kalo mengenai tarikan atas sama bawah yg berpengaruh itu d setelan klepnya bro, bs baca postingan ane tentang klep.

    Klo klep renggang kelebihannya tarikan jadi enteng, rpm bawah gampang naiknya, cm agak berat dikit d rpm atas. Kekurangannya adalah mesin jd cepet overheat, cepet panas apalagi klo kejebak macet, rpm jadi drop klo udh overheat dan ganti gigi susah disertai tarikan yg jadi berat.

    klo klepnya terlalu rapet mesin jadi adem, suaranya lebih alus dan rpm atas lebih ngisi. Kekuranganny ya agak berat aja tarikannya

    klo ane sendiri blm pernah coba oli itu bro, bs jadi gejala itu krn oli kurang cocok sama setelan klep yg kurang pas aja, coba sekalian cek warna busi deh, yg pas dan ideal itu warnanya merah bata.

    semoga membantu bro 🙂

    waiyyakum

      1. wah, ane belum nyobain mx tuh bro, tp klo pulsar menurut ane semakin panas semakin ngacir dan alus (selama nggak overheat kena macet).

      2. wah kebalikan ame juminten kayaknya. tapi yang bikin gue salut, pulsar itu kayak setan, nggak denger ngedennya ujuk2 udah didepan padahal udah kagak pake helm

      3. Hehehe… Knalpotnya emang alus bro, tp klo untuk yg 135 mesinnya lebih kasar dr kakakny krn 135 nggak pake balancer

    1. lam knl bang bro… lw bwt touring, stelan klep yg ccok brp ea?? coz dlu ane prnh single touring BANDUNG-CILACAP, PIES ane KO d tasikmlaya.hikhik..hik..
      wkt tu stelan klep standar (0,05 / 0,1).

      skg lw mo pke jrak jauh jd Gaalauuu…!!

  12. masalahnya timbul pas pake oli dr beres bang (total), kebetulan motor ane br 2500 km jd br 2x gnti oli.
    wah, kl urusan klep mengklep kyaknya mesti k bengkel aja bang.
    sukron y bang bt bantuannya,, laen kl tanya2 lg gk pa2 kan (jgn bosen y, maklum masie newbie jd mesti bnyak tanya sm yg uda pernah punya pengalaman…
    aslmkm,,

  13. cuma sharing aja nih bro, pergantian oli sebaiknya ga dipatok limit kilometer, tapi harus dichek juga kondisinya langsung. Pi3s ane pake enduro, setelah pemakaian 2500km ane ganti oli, kaget juga setelah dibuka olinya itu tinggal sedikit banget, untung aja mesin ane kaga meleduk. So, buat pemilik pi3s ane kasih saran setiap 1500 ato 2000km ganti oli cepet2 dah,,,oli apa aja yg penting mesin kaga kering..xixi

  14. Dear Bang Fikri,

    saya baru saja beli Pulsar 135LS, bisa di share Bang gimana Olie STP Speedtron nya ? ok kah?
    karena saya tertarik mao ngikut pake olie stb….

    Thanks sebelumnya.
    Teddy.

    1. hmmm…. speedtron itu termasuk oli yg cukup kental, jika dibandingkan dengan valvoline stp ini lebih adem dan alus suaranya dan nggak gampang menguap, kalo ane pernah coba yg lebih encer kayak enduro racing sama castrol, stp tarikannya lebih berat (krn kentalnya) sedangkan enduro racing/castrol lebih berisik suaranya. mungkin itu yg ane rasakan bro 🙂

  15. Thanks sharing nya…
    kemarin sya ganti pake olie Endure yg 20/50 API SG,
    karena udah terlanjur kenal ma olie ini secara mtr yg dulu2 [Thunder, Vega, Blade] pake ini olie..
    enak dan oper gigi gampang banget ..Netral nya juga gampang..

    cuma ada kejadian yg bikin shocked banget Bang, krmn ganti olie untuk yg pertama kali..
    mtr di antar selasa 17 jan 2012 [P135LS] karena kerasa olie bawan [Valvoline] panas banget dan susah saat mau netral…. waktu buka baut penutup ech PATAH baut nya….padahal saya liatin itu mechanic [bukan di beres, karena beres jauh dr rumah] pelan pelan saat bukanya…
    ackhir nya ya kena dech ngebubut bikin baut baru… Alhamdullah bisa plug n play.

    mtr baru satu mggu di pake …keluhan saya kadang indikator N suka nyala terus walau posisi jalan..gigi masuk… itu kira2 giaman ya Bang…? please advice..

    1. hmmm… itu buka baut olinya pas kondisi masih panas ya? blm adem? harus hati2 emang sama baut2 pulsar, ada beberapa yg kurang bagus. ane jg lg pake enduro biasa kok, ngggak jauh beda sama stp.

      kalo ane ganti oli selalu sendiri bro, biasanya ane buang oli malem2 pas mau tidur pas kondisi motor udah dingin banget (nggak panas), trus pagi2 ane isi deh yg baru, udah tiris semua kan tuh oli lamanya

  16. Buka baut kndisi gak panas banget koq…palingan muter baru 5 kman…
    mechanic juga bilang kalo baut Pulsar gampang patah…untung bengkel mao gantiin bikin baut baru…sekarang udah ok lagi… semoga jgn ampe ada masalah secera itu mtr enak juga buat riding nya..dan pya tampilan macho…he..he…

    oh ya Bang ada lagi ….apa benar bang tutup tanky P135 gampang msk air saat hujan atawa di cuci ? saya liat ada yg posted di forum FBI…

    Thanks Bang…

    1. klo mengenai masuk air sampe saat ini pies ane selalu parkir di luar keujanan kepanasan nggak pernah tuh masuk air bro, waktu cuci steam biasanya bukan masuk air, tp kadang komponen listrik yg di headlamp suka kesiram jadi gak mo idup kata temen, cos ane blm ngalamin

  17. Oh… berarti gak ada masalah ya…? di cuci seperti biasa aja…
    coz itu mtr emang blm pernah di mandiin…

    memang sieh ada di buku panduan untuk tidak menyemprot air langsung ke komponent yg berhub dengan kelistrikan…mungkin karena terlalu sensi kali ya Bro…?

    Btw…mailinklist nya koq pada gak active ya Bro…di FBI juga gitu…

    Makanya tolong jangan segan2 jawab ya Bro…tolong sharing di sini untuk segala hal ttg PIES135LS…

    Note : Berapa lama kemarin terima STNK/Plat nmr ?
    pya saya sudah 2 minggu blm jadi juga…
    Thanks Bro.
    salam

    1. yaps,.. klo kelistrikan masalah motor nggak mao idup bro, termasuk sekring2 yg ada di deket aku sama jok belakang, klo putus jd matot motor cos kelistrikan pulsar lebih ribet dibanding motor lain bro, ya daripada konslet mending hati2 kan 😀 hehehe…

      klo buat komunitas coba main ke sini bro http://www.facebook.com/groups/Pegasus135LS/ lebih rame n gak usah malu2 bertanya 🙂

      ane terima stnk 2 minggu dan pake “otot” bro alias ngotot ane tagih kejar2 terus 😀

  18. Ok, thanks Bro.

    wah maen di FB ya…sayang FB forbiden alias di cut kalo pake inet kantor…
    di mtr ku kek nya juga harus cepet ke beres nieh..kalo lagi panas rpm suka nahan di 2000an..
    gak selalu sieh cuma kadang2 aja…ama itu indikator N suka nyala terus padahal posisi jalan…hee.. lain2 nya okeh..

    wah 2 minggu ya Bro,… gimana mo marah emang dari awal orang dealer bilang nya 1 bln..coz mtr build-up jadi lama itu gitu…

    Ok Bro, di tunggu info/sharing selanjut nya….

    Salam. .

  19. lam kenal bang…..saya baru pake pls 135 baru 3 minggu,apa benar bang..pas mau memulai di didi 2 suara klep nya terdengar keras tektektektek ………..?

    1. Salam kenal juga bro 🙂

      kadang suka begitu bro kalo setelan klepnya nggak pas, ane awal2 begitu soalnya dan lapor ke BAI, trus disuruh ke bengkel dgn mekanik yg direkomendasiin untuk stel klep ulang, sampe saat ini sih udah nggak pernh ada masalah lagi tuh 🙂

  20. Halooo Bang Fikri,
    Apa khabar nya Bang… semoga sehat sukses selalu..Amien.
    Bang mo tanya, Pies ane udah masuk di 500km an..
    apa perlu services 1st ? seberapa pentingkah services 1st ?
    so far motor fine fine aja…. tks advice nya.

    1. Segera di servis aja bro, cos servis 1 itu gunanya untuk ngubuang serpihan2 besi yg ada di mesin dan stel klep yg pas stelah masa reyen, untuk yg ini jgn tunda2 lah 😀

  21. w punya pulsar 135 baru 1,5thn .mesin sdh bunyi ga biasanya ,pas di cek Bearingnya rusak , sdh diganti di bengkel resmi, tapi belom sebulan rusak lagi. gmn nih motor ngerongrong truusss

  22. bang…untuk sharing pulsar,minta no telp abang deh….!!soalnya ada banyak yang ingin ditanyain ya itung2 curhat.klo nge email saya suka ga da waktu ke warnet nya…hehe makasih bang.

    1. Ini telpon ane bro 081806323161, klo telpon nggak diangkat sms aja ya bro, tp ane jg masih nubi dan mesti banyak belajar lagi bro, klo mo yg lebih jago bisa ikut gabung pegasus bro 🙂

  23. gak ada tulisan baru lg bang fikri. request kupas masalah servis kecil P135 ny dong. mulai dari bersihin ruang bakar, karbu, stel busi, stel rantai dsb.
    oya bang, indikator bensin ku bermaslah ni. tangki uda stengah tp masie full aja indikatornya. tau posisi sensornya gak bang? kali aja kotor minta dibersihin (ak kapok k beres).
    sukron ya bang.

    1. Hehehe… Ane masih nubi bro, baru pernah stel klep, rante, karbu, kopling yg berhubungan sama stel, klo bongkar ane blm pernah kayak bersihin karbu, kampas kopling 😀 masih perlu banyak belajar ane bro.

      Klo sekarang2 lg nggak sempet nulis nih, blm bisa ngeluangin waktu lagi. Kalo sempet dan dapet feel nulisnya deh 😀

  24. Bang, kemarin mtr ane kehujanan di parkiran, [hujan lumayan deras]..
    nah pas mo jalan koq mtr sempat gak bisa di stater indikator N gak nyala…ane selah pake kick stater … gak mau juga…[wah kenape nieh ….] gak lama nyala tuch indicator N baru bisa si stter..
    itu kenapa ya bang ?
    Nah tadi pas mo isi bensin ..saat buka ttp tanki..koq ada air di sekeliling nya…di dalam tanki juga keliatan ada air…. apa ini juga terjadi di Piez Abang ? … waiting your sharre…Thanks.

    1. hmm… pusy ane selalu di parkir diluar bro (parkiran dalem selalu penuh krn ane dateng siang terus), dan selalu kepanasan dan keujanan baik yg kecil maupun yg gede banget, tp alhamdulillah sampe sekarang blm pernah ada masalah, nerobos banjir aja lancar bro.

      untuk tangki harusnya air nggak mungkin masuk bro, kan bagian tutup tangkinya cembung ke tas, air hanya akan masuk di bagian bibir tutupnya dan akan mengalir keluar melalui lubang yg ada di samping tutupnya itu, kecuali karet penutup tangkinya rusak sehingga air bisa menerobos kalo penuh di cekungan tutup tangki tsb.

      kalo dari kasus bro sih bukan masalah air masuk ke tangki, krn klo air masuk tangki nggak mungkin ngaruh ke indikator netral, itu cuma N nya aja yg g nyala? spidonya nyala g? klo spido nyala tp netralnya nggak itu ada masalah di indikaor netral bro, tepatnya ada di dekat gir depan (ditutup yg ada gambar kaki sama gigi perseneling).

      kedua, di bagian bawah headlamp terdapat banyak sensor kelistrikan, jika basah (konslet) motor nggak akan mau nyala, biasanya temen pernah kejadian abis cuci steam dan bawah headlamp disiram juga, tp harusnya klo ini konslet spido nggak nyala juga deh CMIIW

      ketiga, dibagian bawah tuas kopling yg nyambung ke stang ada sebuah sensor listrik dimana ketika motor tidak dalam keadaan netral maka motor nggak akan bisa menyala kecuali tuas kopling ditekan untuk membaypass sensor tersebut agar motor bs nyala, krn ane pernah ngalamin pas kecelakaan tuasnya patah dan ane ganti punya rx, ternyata pas nggak netral ane nggak pernah bisa nyalain motor walopun tuas ditekan, ternyata di tuas yg asli ada bagian yg digunakan untuk menekan sensor.

      dari kemungkinan2 diatas sih kayaknya ada di bagian sensor netral yg sedikit masalah bro.

      1. Thanks Bang advices nya…
        Indicator N di Piez ane emang kdg suka ‘ngaco’ kadang dalam keadan jalan [gigi masuk] aja dia nyala….

        maslah air di tangki, Benar seharus nya air mengalir, tp koq masih ada air di sekeliling tutp tanki ya bang? apa mampet jalur pembuangan nya ? soalnya kehujanan senin malam…tadi [Rabu] isi bensin masih ada air… nah ini yg bikin pusing…

      2. Sedikit bantu jawab Bro Fikry ya. untuk Bro Teddy, mslh tangki yg kmasukn air pernah saya alamin, stlh ditelusuri ternyata slang pembuangan tangki (cb D sasar pd bagian tangki sblh kiri bawah) terlipat, stlh saya luruskn kmbl alhasil tangki pies sy ga pernah ada kubangan air lg D dlm pinggir mulut tangki. semoga mbantu

  25. Salam kenal bangfikri..bang ane kan pengguna baru pulsar trus juga baru belajar naek motor kopling (biasanya pake bebek), kemarin waktu ngelancarin naik pulsar ditengah jalan motornya mati,mungkin salah mainin kopling sama gasnya, pas ane matiin trus nyalain lagi tuh motor gak mau nyala pakai electric starter, trus panel panel yang ada dispeedometer pada jalan jalan
    sendiri waktu pake electric starter, tapi kalo pakai kickstarter bisa nyala, speedometer nyala normal tapi panel buat jarak tempuh ngereset jadi nol, trus pas ane teken klakson , kalo motornya lagi diem langsung mati mesinnya tapi kalo lagi jalan lampunya jadi kedap kedip

    motor ane kenapa ya tuh bang apa ada yang konslet, kira kira bagian mana ya bang yang konslet? terima kasih sebelumnya

    1. kalo ada yg konslet pasti g bisa nyala bro krn ada sekring yg klo ada konsleting listrik maka sekring akan putus dan motor nggak bisa nyala sampe sekringnya diganti.

      menurut ane kemungkinan ada komponen listrik yg kendor atau bisa juga aki yg drop mesti di cas ulang biar bisa ngangkat starter lampu etc, cos udah full DC jd aki menjadi vital. paling buruknya akinya udah nggak bagus alias soak, minta di replace aja bro di bengkelnya, cos temen jg ada yg ngalamin dapet aki jelek n diganti baru akinya.

      oh iya, panel trip meter akan ke reset klo tombol reset di tekan atau asupan listrik dari aki putus, cos ane pernah cabut aki, trus pas nyala trip meter balik lg ke nol.

      semoga membantu 🙂

  26. Hrga filter oli P135 skrg brp bang? Td ane beli di dealer bajaj tegal, hrganya 15rb… Pdhl setau ane hrganya 7500…

  27. Bang mau tanya, tanda tanda kalau kita kebanyakan isi oli apa ya? soalnya minggu lalu baru coba ganti oli sendiri pakai Enduro 4T hasilnya kalau baru jalan waktu mesin masih dingin enak,pindah gigi lancar tapi kalau sudah panas jadi gak enak dibawanya, kalau gigi rendah habis buka kopling suka ngeden trus loncat jadi agak susah buat ngatur gas sama koplingnya..kalau digigi tinggi di gas jalannya agak berat tarikannya,mesinnya juga jadi berisik.

    kalau isi oli sebaikknya kila lihat dijendela untuk posisinya atau sesuai ukurannya saja (1lt) trus kalau kebanyakan bagaimana? sama ini bang ring penunjuk batas dijendela itu bisa muter gak? kok ring saya batasnya ada diposisi atas semua..

    terima kasih atas jawabannya..

  28. di surabaya, toko penjual part pulsar 135 (filter oli) selain bengkel resmi dimana ya pak..? bagi yg tau tempatnya tolong di infokan.. trimakasih..

  29. Halo Bang Fikry…apa kabar nya bang…semoga baik2 aja..Amien,.
    Bang Fik dan yg kain nya…ada yg mau over kredit P135LS saya ? warna merah th 2011 km 5000an.. jarang pakai karena semenjak pindah rumah jrk tempuh +/- 60km [sunter – rawa bogo/bekasi] saya lebh sring pakai matic…
    Kondisi motor gress seperti baru…. cukup anda balikin DP saya 1,500rb.
    Bila ada yg minta serius contact saya di sini.. krdit saya masih sisa 16x 875rb…

    Terima kasih bang Fikri mohon maaf saya numpang buka lapak di sini.. wsalam wr.wb.

  30. Salam kenal mas bro….sy jga mau brbagi. Tautan nih…kebtulan sy jga pemakai motor pulsar 135 ls, dari awal sy beli motor 135 pulsar suaranya agak berisik dan bergetar tpi klo sudah melaju lumayan larinya mulus apalgi klo oli sy gak pernah lewat 1.bln psti sy ganti dan oli yg sy pake adlh yamalube Tΐ䪪Ķ ….. Prnh ganti2. Apalgi dimakassar bengkel n suku cadangnya pulsar sudah tutup ya direlakan sja tpi sy tetap oke pake pulsar 135 ls, krn sudah enaklah hehehe….yg penting perawatannya dijamin oke mas bro…..slm dri Arief.

Leave a reply to heri Cancel reply