Hari #10 » SPS – Majlis Ramah Mesra – MPP

Rabu, 6 Agustus 2008

Agenda hari ini adalah agenda yang tidak diagendakan sebelumnya, yaitu ke Sekolah Pengajian Seni.

Di SPS kita akan disajikan beberapa sajian seni dari pelajar2 di Fakultas ini. Kurang lebih jam 9 kita memulai acara ini di Auditorium SPS, kita disambut dengan ramah oleh anak2 SPS, mereka langsung menampilkan teater yang “aneh”, peran tentang monyet2 gitu deh, trus lempar2an pisang, nah kan pisang2nya dilempar ke penonton (kita), trus kita lempar balik lagi ke panggung pisangnya, lalu endingnya tuh tulisan di papan pengumuman “monyet dilarang melempar pisang”, ha..ha..ha.. kena deh! Trus ada pembacaan puisi oleh pelajar sana, lalu kita diminta untuk membacakan juga, eh ternyata bagusan penampilan dari mahasiswa IPB lho dalam membacakan puisinya, jadi bangga nih, emang deh IPB Institut Pleksibel Banget, bisa apa aja :p. Ketika pembacaan puisi dilakukan oleh dosen SPS baru deh keren abis gaya penyampaiannya, dan ternyata dosen itu baru pulang dari Indonesia habis menghadiri pertemuan seniman2 di Indonesia lho, wahh… hebat ya ternyata Indonesia, makanya Aku bangga jadi orang Indonesia. Acara dilanjutkan dengan permainan yang salah satu isinya untuk saling mengenal antara mahasiswa IPB dan SPS, yang kalah akan dihukum bermain teater yang naskahnya asal semau pembawa acara, jadi kaya akhirnya datang juga, mesti improve sendiri tanpa latihan. Aku di game ini tidak melakukan kesalahan dan tidak kena hukum main, tapi memang nasib or terlalu bersemangat kali ya, pas MC berinteraksi dengan penonton menanyakan tentang teater yang ditampilkan aku menjawab dengan sangat lantang dan akhirnya T_T aku disuruh tampil, dan parahnya lagi peranku adalah jejaka yang lagi merayu ibu2 cantik yang sudah bersuami T_T GAGAL…! Ya aku gak bisa memerankan itu lha… tapi gpp kok, yang oenting semua happy! Setelah itu mereka menunjukkan tarian zappin, yang mereka tampilkan sederhana sih, tapi kita juga gak mau kalah lho, akhirnya kita tampilkan nyanyian manuk dadali dan tarian jaipong yang “ngebanting” abis tarian zappin yang mereka bawakan walaupun tarian jaipong ini tidak kita tampilkan secara penuh karena memang direncanakan akan ditampilkan pada saat acara perpisahan di Tenom. Memang hebat lah si Sarah dalam menari! Selepas itu kita keliling SPS untuk melihat studio2 yang ada di SPS, wah keren2 euy studio mereka, mulai dari yang tradisional sampe modern ada lho, nih foto2nya : …


Jam 12 siang acara kita denganpelajar SPS selesai dan kita langsung segera ke Asrama lagi, makan siang, istirahat sebentar, lalu jam 14 ada jamuan dengan dekan Fakultas Sekolah Pertanian Lestari (SPL) yang dimulai pada pukul 15. Dalam acara ini banyak yang hadir, diantaranya adalah dekan, wakil/timbalan, dosen, dan staff2 SPL. Disini kita berdiskusi dan diberikan cinderamata dari Pak Dekan berupa gantungan kunci dan Pulpen UMS, setalah itu kita menyaksikan tarian Sumazau dari pelajar SPL, mudah lho tariannya, mirip burung, nih fotonya : …

Setelah menari kita dijamu dengan makan2 lagi euy, setelah itu balik lagi deh ke asrama buat nyiapin slide presentasi untuk diskusi kelembagaan dengan MPP, yang presentasi Yogi.

Jam 19.30 kita berangkat ke Anjung Siswa untuk diskusi kelembagaan yang didahului dengan makan bareng dengan MPP, setelah beberapa sambutan dari Amal dan Ketua MPP kita presentasi deh tentang sistem kelembagaan yang ada di IPB, mulai dari MPM KM sampe UKM. Mereka kagum dengan sistem kita yang mirip dengan struktur pemerintahan RI, trus juga mereka gak punya yang namanya DPM, Himpro, or UKM jadi cuma ada MPP aja dan pengurus2 perwakilan dari masing2 fakultas n asrama, cuma bedanya kalo di UMS pelajar2 yang memegang jabatan sangat dihormati lho sama pelajar2 di sana, beda sama IPB lho, mo ketua BEM kek, himpro or UKM sama aje… masih mending juga kalo ketua BEM dikenal, malahan kadang2 ada yang kenal siapa ketua BEM or DPM baik IPB maupun Fakultas.

Presentasi selanjutnya adalah presentasi CV dari masing2 kita Mahasiswa IPB, mereka heran lho melihat track record kita, baik dari prestasi maupun pengalaman organisasi yang “banyak”, karena mereka tidak sebanyak itu, wong kegiatan mahasiswanya Cuma MPP, dan itu juga kaya event organizer doang yang nurut sama Conselor. Selepas presentasi kita berdiskusi tentang kelembagaan baik sistem maupun kegiatan, kalo boleh sombong kegiatan kita masih jauh lebih baik dan variatif dibanding kegiatan mereka, bedanya kalo kita butuh dana harus cari sendiri ke sponsor, tapi kalo mereka tinggal minta ke Conselor langsung dikasih.

Masuk perbincangan politik mereka bingung sedikit karena memang mereka jarang or mungkin tidak pernah berbicara politik karena memang begitulah kondisi Malaysia.

Dalam diskusi mereka berkomentar bahwa Mahasiswa Indonesia anarkis yang suka membangkang dari pemerintah, tapi dengan pemikiran kita yang kritis semua itu terjawab dengan sangat meyakinkan, he..he..

Setelah berfoto bareng kita langsung ke asrama untuk istirahat karena esok pagi jam 6 kita akan berangkat ke taman pertanian Tenom yang bisa memakan waktu 4-5jam perjalanan. Kita akan berada di Tenom selama 3 hari 2 malam dan di malam terakhir itulah akan ada farewall untuk acara malam perpisahan kita dengan UMS, hu…hu… cepet banget ya!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s