Hari #12 » Taman Pertanian – Anggrek – Perahu – Masak – Persembahan – Perpisahan

Jum’at, 8 Agustus 2008

Hari ini kita harus bangun pagi2 karena akan ada lawatan keliling taman pertanian Tenom menggunakan Kereta, wah … asik! Suasana pagi yang dingin nan indah di bumi perkemahan tenom membuatku dan teman2 lainnya yang sudah bangun dan mandi untuk mengambil gambar or berfoto.

Jam 6.30 aku dan yang lain main ke danau dan coba menggunakan perahu. Dari dua perahu yang ada perahuku yang bisa digunakan walaupun sebenarnya yang satu lagi bukan tidak bisa digunakan, melainkan temen2 yang make perahu itu g bisa menggunakan (buang air yang ada di dalam perahu). Aku dapat bambu panjang untuk mendayung ke dasar danau, waaahhhh asiknya maen perahu di pagi hari, yang berhasil menggunakan tuh aku, yogi, casnan, dan hadi, kami memutari tempat berkemah kami menggunakan perahu sampe yang lain ngiri mo ikutan naik juga, akhirnya setelah satu putaran kami gantian dengan yang lain, yaitu icank, febi, vyta, didi, sarah dan hadi yang ikut lagi.

pukul 8.00 kami segera berkumpul di ruang utama di aula depan (dekat pintu masuk), setelah itu kami mendengarkan penjelasan dari pengurus taman pertanian Tenom ini mengenai tempat2 yang akan kita kunjungi nanti dengan kereta, huuff… agak boring juga sih degernya, kalo nggak ada Pak Rimbawan duduk di sebelah mungkin aku sudah tidur :p

Selepas itu semua akhirnya kami berangkat mengunjungi tempat yang dijelaskan tadi satu persatu.

Aku agak lupa urutannya, tapi kami berkunjung ke tempat2 seperti ini :

  1. Pusat Anggerik Kacukan
  2. Taman Evolusi dan Pengubahsuaian Tumbuhan
  3. Hybrid Orchid Centre
  4. Orchid Conservation Centre
  5. Pusat Anggerik Tempatan
  6. Model Taman
  7. Taman Tumbuhan Karnivor
  8. Kebun Rambutan

Wah ternyata banyak juga ya tempat yang kami kunjungi, padahal waktunya Cuma sampai Dzuhur lho alias sampe sholat Jum’at doang! Aku lupa detailnya satu persatu, tapi yang kuingat kami semua melihat bunga2 anggrek yang cantik nan elok dengan berbagai variasi dan warna yang berbeda, lalu melihat kebun, taman, pohon2 yang aku gtau namanya, trus ada bunga Raflesia yang belum tumbuh, trus bunga yang tumbuh di danau yang kayak mangkuk, he…he… aku bego banget ya g nyatet, abis di Ilkom g ada pelajaran kayak gini sih, jadi kan ku bingung n gtau, yang kutahu hanya ini semua alam ciptaan Allah dengan segala kesempurnaan-Nya dan keindahan ciptaan-Nya! Nih foto2nya : …


Terakhir kami diajak ke kebun Rambutan, gak jauh beda sih sama rambutan di Indonesia, warnanya merah juga :p aku dan yang lainnya memetik menggunakan galah or bambu panjang untuk mencapai puncak yang ada or banyak rambutan yang sudah masak. Walaupun Cuma makan sedikit (gara2 orangnya banyak c :p) tapi puas juga, karena metiknya bareng2, makannya bareng2, rebutannya pasti bareng2 ha..ha..ha.. jadi asik. Jam 12 kami berangkat ke kota di Tenom untuk menuju Masjid untuk sholat Jum’at menggunakan Bus UMS, aku mendapat di Shaf kedua, sebelahku banyak orang asing or maksudna bukan orang malay tapi orang India n kulit putih. Selepas sholat Jum’at kami jalan2 sebentar ke pasar karena yang cewenya mo belanja buat acara masak2 sore nanti jam 3 bersama-sama dengan dosen UMS dan anak2 UMS. Di pasar aku membeli handuk karena memang handukku ketinggalan di asrama, jadi aku gbawa handuk!

Sesampainya kembali ke perkemahan kami makan siang, setelah itu ada yang mempersiapkan peralatan masak, pembagian tugas, buat parsel makanan2 ringan, n ada juga yang nyari kayu dan ranting untuk buat api unggun n manggang barberque (wuuiihhh sedapnya!), aku sendiri g jelas ngapain, jadi bantu2 yg bisa dibantu aja. Aku cari ranting, matah2in kayu (ditendang, pukul or banting, yg jago tuh hadi, kuat banget tangannya buat matahin kayu tebel), abis itu aku juga bantu buat (apa gangguin ya? :p) parsel. Aku juga bantuin yang masak2 juga lho alias bantu fotoin mereka masah he..he.. :p

Gara2 nganggur aku maen perahu lagi deh, tapi kali ini ada yang cewe ikutan, yaitu wulan, sarah, dan didi, cowonya aku dan icank. Emang aku orangnya suka usil sih, sesekali aku goyang2 perahunya sampe yang cewe2nya teriak2, ha..ha..ha.. lucu juga ya! Tapi ada kejadian yang tidak diinginkan nih T_T pas berlabuh n mau turun ke tepi aku langsung loncat ke tepi dan alhasil perahu kan jadi goyang, dan entah kenapa semuanya pergi ke sebelah kiri perahu untuk ke darat, alhasil perahu langsung miring 90 derajat dan aku berhasil memegang bagian pinggir perahu, jadi gak sampe terbalik perahunya, tapi yang terjadi adalah icank kecebur danau, kalo cewenya berhasil loncat, paling Cuma kakinya sampe lutut yang basah, tapi icank basah sampe dada T_T hu…hu… kasian juga, gara2 aku nih jadi begini, dan yang parah lagi ternyata icank bawa HP Dado n jadi basah deh HPnya, alhasil HPnya g bisa bunyi untuk sementara! Aku jadi g enak banget n merasa bersalah walaupun niatnya hanya becanda. Makanya jangan diulangi lagi yang Fikri! (OK deh) Sory ya semuanya!

Seusai mandi, sholat maghrib isa, kami berkumpul untuk membantu masak barberque or bantu2 nyiapin buat firewell malam ni! T_T hu..hu.. ternyata malam ni adalah malam acara terakhir kami dengan UMS alias malam perpisahan, semoga kami dipertemukan di lain kesempatan!

Jam 20 acara kami mulai, MC dibawakan oleh Nunu n Seri, dan ternyata aku diminta untuk membacakan doa, akhirnya aku bacakan saja doa Robithoh, semoga ikatan kami menjadi semakin erat dengan jalinan ukhuwah Islamiah.

Katakanlah: “Wahai Tuhan yang mempunyai kerajaan, Engkau berikan kerajaan kepada orang yang Engkau kehendaki dan Engkau cabut kerajaan dari orang yang Engkau kehendaki. Engkau muliakan orang yang Engkau kehendaki dan Engkau hinakan orang yang Engkau kehendaki. di tangan Engkaulah segala kebajikan. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu.

Engkau masukkan malam ke dalam siang dan Engkau masukkan siang ke dalam malam. Engkau keluarkan yang hidup dari yang mati, dan Engkau keluarkan yang mati dari yang hidup. dan Engkau beri rezki siapa yang Engkau kehendaki tanpa hisab (batas)”.

Ya Allah, sesungguhnya ini adalah malamMu yang telah menjelang dan siangMu yang telah berlalu serta suara-suara dari para penyeruMu, maka ampunilah kami.

Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Mengetahui bahwa hati-hati ini telah berkumpul untuk mencurahkan mahabbah hanya kepadaMu, bertemu untuk taat kepadaMu, bersatu dalam rangka menyeru (dakwah di jalan)-Mu, dan berjanji untuk membela syariatMu, maka kuatkanlah ikatan pertaliannya, Ya Allah, abadikanlah kasih sayangnya, tunjukkanlah jalannya, dan penuhilah dengan cahayaMu yang tidak akan pernah redup, lapangkanlah dadanya dengan limpahan iman dan keindahan tawakal kepadaMu, hidupkanlah dengan ma’rifah-Mu, dan matikanlah dalam keadaan syahid di jalanMu. Sesungguhnya Engkau sebaik-baik pelindung dan sebaik-baik penolong. Amin

Baru deh acara dimulai! Aku yang mengambil makanan paling awal pake barberque daging rusa, dan lagi2 aku disuruh untuk memimpin do’a mau makan … Amin.

Acara dilanjutkan dengan persembahan, pertama dari pelajar UMS yang menampilkan tarian Sumazau, tari Zappin, dan tari India dipimpin Bavani, dan menyanyi beberapa lagu China dipimpin Jim (aku pun g ngerti yang dinyanyikan tuh apa ya???). wah ramai dan lucu2 lho, apalagi si Cecep alias Faizul yg gaya n suara pas nyanyi lucu banget, ikut di semua penampilan lagi :p

Eng…Ing…Eng… persembahan kedua, tentu saja yang ditunggu-tunggu, persembahan mahasiswa IPB! Kami mulakan dengan suara gitar febi dan suling casnan (wuih… awalnya aja udah keren), terus kami lanjutkan dengan membawakan lagu “Tanah Airku” (bagiku lagu inilah yang paling berkesan selama aku di Sabah Malaysia, dan ternyata pelajar UMS pun tergetar mendengar lagu ini! Hu…hu… T_T).

Tanah airku tidak kulupakan, yang terkenang selama hidupku.

Biarpun saya pergi jauh, tidak kan hilang dari kalbu.

Tanah…ku yang kucinta…I, engkau ku hargai….

Walaupun banyak negri kujalani, yang mahsyur permai dikata orang.

Tetapi kampung dan rumahku, disanalah ku rasa senang

Tanah…ku tak kulupa…kan, engkau ku banggakan…

Lagu itu terus berulang selama Dion membacakan puisi yang sangat menyentuh sekali T_T hu…hu…hu…

Selanjutnya kami membawakan lagu Si Patokaan, lalu tarian Saman oleh yang putrinya saja, terus membawakan lagu Manuk Dadali dan Yamko Rambe, dan terakhir Amal dan Febi membawakan lagu Kawan ciptaan SBY deh. Tapi sebenarnya ada satu yang kurang, yaitu tarian jaipong yang seharusnya dibawakan oleh Sarah, tetapi ada musibah yang menjadikan tarian ini tak bisa ditampilkan, yaitu flashdisk Sarah hilang entah dimana T_T, tapi gpp, persembahan kami sudah sangat bagus lho! Lagu terakhir diluar persembahan dari kami adalah lagu “Cintaku tertinggal di Malaysia” oleh Yogi dan Wulan.

Persembahan ketiga adalah oleh Timbalan Naib Canselor Prof. Dr. Amran Ahmed yang berkaraoke dilanjutkan dengan DR. Rimbawan dan tamu2 yang lain termasuk ayah angkat Heri dan Heri yang membawakan lagu “Cinta Sabun Mandi”, ha..ha.. ternyata Heri bisa juga nyanyi lagu dangdut ya!

Acara ini berlangsung sampai tengah malam dan setelah itu semua istirahat untuk acara besok di Sekolah Kebangsaan Paguokon alias sekolah SD or di Sabah disebut sekolah rendah! Ok, selamat malam…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s