Hari #8 » Konsulat RI – Perpisahan T_T – ke Kundasang

Senin, 4 Agustus 2008

05.13, dering lantunan ringtone sunda yang kujadikan ringtone untuk sms membangunkanku hari ini,

“Berbahagialah seorang mukmin karena segala hal yang baik yang dilakukannya adalah ibadah. Hirupan nafas terasa menghembus kesalihan, pembuluh darah terasa mengalirkan keimanan, bahkangesekan sandal ketika di perjalanan dalam rangka menuju kebaikan pun terasa menciprat tetes ketaqwaan, mari kita menuju Allah dengan bersegera memenuhi panggilan adzanNya. Sudah sholatkah kita? =)”

Sebuah sms dari saudaraku mengingatkanku dengan Allah dan bersegera menunaikan panggilanNya, ternyata aku memang bangun kesiangan pagi ni, padahal sudah kupasang weker di HP, mungkin karena terlalu cape, dan semoga Allah mengampuni kelalaianku kali ini.

Seusai mandi aku segera mempersiapkan diri untuk berangkat lagi ke kedutaan Indonesia… T_T hu..hu.. hari ini aku packing barang karena hari ini adalah hari penyerahan kembali anak angkat kepada UMS yang dengan kata lain aku akan berpisah dengan keluarga angkatku di Sabah ini dan kembali ke UMS untuk melakukan rangkaian kegiatan yang lain.

Kami berangkat dari rumah jam 07.30 terlambat 30 menit dari yang kami rencanakan, tapi Alhamdulillah kami bisa sampai tepat waktu sebelum acara dimulai jam 10.00.

Di sana (Konsulat Indonesia) kami bertemu kembali dengan teman2 IPB dan juga adik2 kelas dari Sabah yang akan kuliah di IPB (kata teman2 yang lain banyak yang cantik2 lho =p). Kita mendengarkan sambutan dari pak Ben, konsulat Indonesia, serta pimpinan rombongan kami Amal, setelah itu ada ramah tamah (berkenalan dengan adik2 Mhs baru IPB sambil makan2, he..he..).

Selepas acara selesai pak Ben mengingatkan kalau nanti jam 14.00 ada acara serah terima anak angkat kembali ke UMS di rumah pak Ben, berarti kita masih punya waktu sekitar 1,5 jam untuk melakukan hal lain.

Jam 12.30 – 13.30 kami ke central point karena Zizan ingin membeli kemeja untuk dibawanya ke Bogor karena dia hanya punya sedikit kemeja, setelah itu kita makan siang dan kali ini aku mencoba soto dari Sabah (ternyata lebih enak soto di Indonesia lho).

Jam 13.30 kami bersegera ke rumah pak Ben dan tiba di sana sebelum jam 14.00. Di sana sudah ada vina, dion, nanin, zikra, icank, dan utie. Aku pun bersegera untuk menunaikan sholat dhuhur bersama icank.

Dalam acara ini kita diliput oleh TV lokal, yaitu TV1. Dalam acara ini hadir perwakilan dari kedutaan Indonesia dan Conselor (Rektor) dari UMS, setelah itu tentunya ada acara ramah tamah lagi lho dan di sini kita lebih mengenal lagi adik2 Mhs baru IPB dari Sabah.

Tibalah acara terakhir, yaitu penyerahan anak angkat ke UMS. Selepas itu kami bertemu kembali dengan keluaraga angkat masing2 dan sedikit mengambil foto bersama sebagai kenang2an.

Ini adalah cerita tersedih yang pernah kualami di Sabah Malaysia, begitu terharunya aku karena begitu sayangnya keluarga angkatku kepadaku, aku memeluk Bapak dan berpamitan padanya, meminta maaf atas segala kekuranganku, berterimakasih dan sedikit pesan dari Bapakku. Aliran air mata mengalir deras di wajah Ibuku ketika ku memeluknya, sangat erat pelukan beliau kepadaku dan sangat lama, isak tangis menggetarkan hatiku, menjernihkan jiwaku, dan mengingatkanku akan kasih saying mereka walaupun hanya sebentar kami bersua, dan akupun teringat dengan keluargaku di Indonesia yang pastinya sangat merindukanku… Ibu… Aku sayang padamu, aku rindu padamu, aku cinta karena Allah dan kasih sayangmu dengan cinta-Nya.

Sampai bertemu lagi … aku akan selalu merindukan kalian …

Akhirnya aku dan teman2 yang lain mengangkut barang2 ke Bus yang akan mengantar kami ke UMS untuk persiapan berangkat kembali pukul 19.30 ke kundasang kaki gunung kinabalu.

Awalnya aku mengira akan bermalam dengan tenda di kundasang, ternyata kami menginap di hotel lho! Baru pertama kali nih ke gunung tidurnya di hotel, biasanya c di tenda :p

Sesampainya di hotel kami langsung dijamu untuk makan malam dengan tatacara yang tidak biasa untukku (maklum wong ndeso), pake meja yang bisa diputer dll deh.

Selepas itu kami kembali ke kamar masing2 yang lumayan wuihh… enak deh walaupun bukan bintang 5 (karena emang baru kali ini lho aku nginap di hotel).

Ba’da sholat isa aku langsung istirahat karena besok acara kita akan dimulai jam 7 pagi.

Oh ya … aku di kamar bersama Cahyo ketua Himitepa, Kwan, dan Jim. Selamat malam semua!

Leave a Reply

