Pahlawan Kebangkitan

Ibarat kehidupan manusia, ada masa kelahiran, tumbuh, dewasa, tua dan akhirnya mati. Demikian pula dengan organisasi termasuk negara, bahkan peradaban. Dalam sejarah peradaban Islam, ada masa kebangkitan, kejayaan dan keruntuhan

Kekuatan utama yang menggerakkan masyarakat pada masa kebangkitan yaitu kecemasan. Inilah mata air yang memberikan energi untuk bergerak dan bergerak, melangkah tertatih-tatih sembari jatuh dan bangun, meraba dalam ketidakpastian. Namun terus bergerak.

Kecemasan muncul karena kesadaran akan adanya jarak yang terbentang jauhantara idealisme dan realitas, antara harapan dan kenyataan.

Tetapi … Tidak semua orang menyadari  kesenjangan tersebut. Baginya semuanya baik-baik saja, tidak ada masalah dan akhirnya bersikap diam dan menikmati kondisi yang ada. 

Orang seperti ini biasanya orang-orang awam, tidak akan bergerak sampai arus besar datang menghanyutkan mereka. 

Mereka yang menyadari  Mereka yang menyadari adanya permasalahan  adanya permasalahan akan bergerak,  akan bergerak, melakukan perbaikan.  melakukan perbaikan. Begitulah ….  Begitulah …. Kita  Kita menyaksikan para Nabi,  menyaksikan para Nabi, RAsul dan para  RAsul dan para sahabatnya yang setia.  sahabatnya yang setia. Mereka merasakan  Mereka merasakan kesenjangan itu,  kesenjangan itu, masalah itu, mereka  masalah itu, mereka cemas, bergerak  cemas, bergerak melakukan perubahan,  melakukan perubahan, berhasil …. berhasil …. Dan   Dan akhirnya tercatat dalam  akhirnya tercatat dalam sejarah peradaban  sejarah peradaban dengan tinta emas  dengan tinta emas sebagai mujahid.

Jika kecemasan merupakan kekuatan utama yang menggerakkan masa kebangkitan, maka obsesi kesempurnaan adalah kekuatan utama yang menggerakkan masa kejayaan. Kepahlawanan zaman kejayaan didominasi oleh semangat perfeksionisme dan inovasi.

Titik tengah antara idealisme yang tidak realistis dengan realisme yang terlalu pragmatis adalah …. OPTIMISME. Para pejuang sejati bersikap optimis, merasa tenang karena berjuang di bawah bendera Allah. Mereka percaya pasti akan mendapatkan kemenangan walaupun tidak mereka saksikan. Mereka percaya, berjuang saja sudah merupakan kemenangan, atas rasa takut, sikap pengecut, cinta dunia dan diri sendiri.  

Perjuangan mutlak dibutuhkan dalam  menjalani hidup kita ini.

Apabila ALLAH membolehkan kita hidup tanpa hambatan, itu hanya akan membuat kita lemah. Kita tidak akan sekuat ini. Tidak pernah bisa se-Sukses ini.

Saya memohon diberi Kekuatan…Dan ALLAH memberikan Kesulitan agar membuat saya Kuat.

Saya memohon agar menjadi Bijaksana…Dan ALLAH memberi saya Masalah untuk diselesaikan.

Saya memohon Kekayaan…Dan ALLAH memberi saya Bakat,Waktu, Kesehatan dan Peluang.

Saya memohon Keberanian…..Dan ALLAH memberikan hambatan untuk dilewati.

Saya memohon Rasa Cinta…Dan ALLAH memberikan orang orang bermasalah untuk dibantu.

Saya memohon Kelebihan…Dan ALLAH memberi saya jalan utk menemukannya.

Saya tidak menerima apapun yang saya minta………

Akan tetapi saya menerima semua yang saya butuhkan

HIDUPLAH DENGAN KEBERANIAN, HADAPI SEMUA HAMBATAN DAN TUNJUKKAN BAHWA KAU MAMPU MENGATASINYA. USAHAKANLAH SEKUAT TENAGA UNTUK “MENEMUKAN” BAKATMU, LUANGKAN WAKTU  BELAJAR UNTUK MENAMBAH PENGETAHUAN DAN KETERAMPILANMU, JAGA KESEHATANMU,GUNAKAN WAKTUMU HANYA UNTUK KEGIATAN YANG BERKAITAN DENGAN MISIMU,BANYAK BANYAK LAH BERDOA AGAR DITUNJUKKAN JALAN YANG BENAR DALAM MENEMUKAN PELUANG, PERLUAS JARINGANMU  DAN JANGAN BOSAN BOSANNYA BERUSAHA.

Sumber : Anis Matta

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s