Modus Perampokan di Kopaja 66 Manggarai-Blok M

Buat semua yang tinggal di jakarta dan menggunakan angkutan umum sebagai transportasi untuk ke kantor seperti bus kota, patas, metro mini or kopaja terutama yang suka pergi sendirian (ati-ati ya)

sekedar sharing pengalaman kejadian yang dialami langsung oleh saya ketika naik kopaja 66 (kondisi yang sangat menegangkan bagi saya (dag dig dug duer :p)

begini ceritanya… pada suatu hari… halah… langsung aja deh๐Ÿ˜€

jadi gini, sejak selasa 13 januari 2009 saya diminta membantu memperbaiki sistem di BP MIGAS di gedung patra jasa gatot subroto. kebetulan saya kenalan sama eko yg juga rumahnya searah dengan rumah saya, jadi kalo pulang pergi naik motor deh sama eko๐Ÿ˜€ sekalian ngirit gitu :p

nah…. pada hari jumat si-eko ternyata g masuk ke BP MIGAS, jadilah saya harus naik bis umum lagi T_T … singkat cerita saya pulang dari BP MIGAS jam 16.30 (abis keasikan ngenet c :p), saya naik kopaja 66 ke arah blok m, kondisi bis awal sepi, jadi saya bisa milih2 tempat duduk, jadi saya pilih deh yg kosong dua2nya biar lega, naaahhhh… lama2 kan tuh bis penuh nih, karena g enak sama yg naek jadi saya menggeser duduk saya aja ke pojok, terus beberapa lama kemudian naiklah seorang anak muda brewokan pake tas duduk di samping saya, saya sih nyantai2 aja….

selama perjalanan biasa2 aja, tapi lama2 tuh orang ngajakin ngobrol dengan menanyakan “anak manggarai ya mas?”, saya mikir kok aneh ya? wong saya mo ke arah blok m kok ditanya anak manggarai c? dengan nada cuek saya jawab “emang kenapa mas?”, dengan agak emosi dikit dibales sama dia “mo nanya aja mas? emang g boleh? anak manggarai bukan?”, krn saya g mao konflik saya jawab deh “bukan”. eh… g selesai sampe situ, ditanya lagi, “anak mana mas?”, “mang kenapa mas?” jawab saya lagi sambil cuek, “ANAK MANA MAS?”, mulai agak dag dig dug tuh, wong saya bawa laptop. saya udah punya firasat buruk nih… jantung berdebar kencang, prediksi awal saya orang ini mo hipnotis krn megang rokok dan mo dinyalakan. (dalam hati saya baca ayat kursi aja…) saya bilang ” maaf mas, saya g betah kalo ada asap rokok, alhamdulillah g jadi dinyalain n dimasukin dalem tas sambil saya perhatiin tasnya, nih orang bawa senjata tajem g ya? jantung berdebar makin kencang… mulailah aksinya.

“Mas, tadi pagi liat kejadian g di bis ini?”

“nggak tuh, emang kenapa?”

“tadi pagi keponakan temen saya (sambil nunjuk ke belakang) ditusuk di bis ini mas, sekarang saya lagi cari pelakunya.”

Duarrrr…. ampir meledak tuh jantung, makin tegang aja dah, ternyata ada temennta lagi dua orang T_T. ternyata prediksi hipnotis saya keliru, saya yakin dia mo ngerampok dengan membawa saya ke suatu tempat terlebih dahulu. dalam situasi yang sangat tegang saya terus berfikir cara meloloskan diri dari mereka. pertama saya berfikir untuk turun saja dari bis ini sekarang, tapi saya khawatir mereka ikut turun juga dan malah lebih bahaya. akhirnya saya berusaha membuat dia nggak marah dengan nanyain kabar koponakannya gitu (sok perhatian) walaupun dari ceritanya banyak banget yg g masuk akal.

dalam pembicaraan intinya dia menuduh saya sebagai pelaku, saya diminta ketemu sama keponakannya buat ngeliat muka saya apakah pelaku atau bukan menurut keponakannya.

“mas berani g ketemu? kalo nggak berarti mas pelakunya” begitu katanya.

lagi2 biar mereka g marah di bus saya bilang “ya sudah, saya bersedia ketemu keponakannya, dimana alamatnya”

“deket blok m abis kita turun” sambil menelpon temennya “iya nih, kita segera bawa orangnya”, denger kata2 itu makin takutlah saya….

Alhamdulillah, Allah memang melindungi hambanya yg memohon dan berserah diri (tapi juga berusaha)… mendekati blok m saya dapet ide, kalo ternyata di blom m ada kantor polisi, dan saya berfikir gimana ya caranya membuat saya dan mereka bisa mendekati kantor polisi?

saya bilang, “mas, saya mo ngambil uang dulu ya di ATM blok m, krn besok saya mo ke bogor”

“g percaya saya, nanti mas kabur lagi”

“nggak kok, saya g bakalan kabur, kalo g percaya mas anterin saya aja ke ATM abis itu baru kita k tempat keponakan mas”, dan akhirnya mereka mau (mungkin tergiur jg kali denger saya mo ambil duit di ATM :D) alhasil pas nyampe blok m saya jalan sama mereka ke ATM, dan pastinya akan melewati kantor polisi… ha..ha..ha.. itulah strategi saya, mendekati kantor polisi. setelah lumayan dekat kantor polisi mungkin mereka sadar dan mulai menjauh jalannya, dengan PD saya bilang “mas, katanya mau nganterin saya ke ATM ayo sini, nanti saya kabuir lho :p”, tanpa jawaban, akhirnya saya masuk kantor polisi dan melapor, pas keluar mereka semua udah g ada lagi deh alias ngabur.

pak polisi bilang, “kamu jalan aja ke stasiun cari pelakunya, nanti saya ikuti dari belakang”, dengan PD saya jalan sambil tengok kanan kiri mencari pelaku tapi g ketemu.

saya masih tegang sebenernya karena mereka tahu arah saya pulang dan pak polisi g mungkin ngikutin saya sampe rumah, jadi saya putuskan merubah rute pulang yg harusnya naik bis sekali jadi saya rubah naik bis dan angkot.

endingnya adalah saya bersyukur masih diberi keselamatan dan perlindungan Allah. jadi buat rekan2 hati2 ya jalan sendiri di jakarta khususnya para wanita, karena para ‘penjahat’ lebih tertarik pada korban wanita.

cerita lainnya ada di :

Semoga bermanfaat

8 thoughts on “Modus Perampokan di Kopaja 66 Manggarai-Blok M

    1. Kapan ya ul?๐Ÿ˜€ … iye, pas di BP MIGAS kan gw ceritanya. Gmn di BP MIGAS? nyantai kan kerjanya๐Ÿ˜€

  1. Salam kenal…

    Ieh celem ya.. an juga pernah kena tapi untung ga serem gitu caranya walau harus merelakan 2 HP n digicam heheheheheh….

    Btw tadi cari rute ke patra jasa digugel malah dapet blog ini, bagus ya… Btw brarti klo mau ke gedung patra jasa dari blok m naek 66 ya??๐Ÿ˜›

    1. salam kenal juga๐Ÿ™‚
      iya betul, kalo mo ke patra jasa naiknya kopaja 66 blok-m maggarai, tp harus hati2 ya๐Ÿ™‚

  2. pak polisi bilang, โ€œkamu jalan aja ke stasiun cari pelakunya,
    maksudnya jalan ke stasiun mana mas ?
    saya lagi cari rute bogor-blok m , kalo naik kereta dari bogor mending turun di karet/ sudirman ya? trus naik kopaja no berapa
    sebenernya saya mau ke lokasi sekitar ratu plaza sih, jadi belum sampe blok m
    kalo turun di mangarai trus naik kopaja 66, macet banget ga ya klo pagi pas di kuningannya
    tapi denger cerita anda serem banget, klo menimpa saya ga tau deh mesti gimana -na’udzubillah
    trima kasih ats saran/jawabannya
    wassalamu’alaikum

    1. Maksudnya polisinya terminal blok m nya, disuruh ke tempat orang nunggu bis, kan agak jauh juga dari kantor polisnya yg “ngumpet” di deket ruko2…
      mmm… ratu plaza ya? ada stasiun yg deket sama shelter busway gak ya? klo ada naik busway aja tuh, bisa langsung ke ratu plaza. Klo sy biasanya pas kuliah dulu dari bogor turun di pasar minggu trus naik metromini 75 ke blok m..

      hati2 di jalan mb, semoga selalu dalam lindungan Allah.. Aamiin…

Leave a Reply

