Pencopet! Alhamdulillah Target Selamat

Lagi2 pencopet… seperti biasa, kejadiannya di metromini 75 blok m-ps.minggu ketika berangkat kerja. berikut ini pemerannya :

  1. peran utama : pencopet berjumlah 4 orang dgn ciri2 berpakaian rapi kayak orang kerja, berkemeja, celana bahan, tapi gbawa tas trus ngerokok
  2. target : seorang wanita muda dgn kaos junkies bawa tas ibu2 (yg biasa digendong di bawah ketiak)
  3. peran pembantu : seorang ibu agak tua dan ibu2 (mirip omaswati :p) yang dua2nya ini membantu menggagalkan perampokan
  4. peran tambahan : sopir, kenek, dan penumpang lain termasuk saya v^_^

kita mulai ceritanya😀

naik 75 di blok m, kosong bisnya, jadi milih tempat agak belakang n sendiri, penumpang lain pun duduk pada sendiri2 n pada di pinggir, jadi bangku2 pojok kosong. lalu bis jalan deh, ditengah jalan ada dua orang tua naik, trus penumpang2 lain g ada yg mo geser ke pojok duduknya, jadi saya geser deh ke pojok biar orang tua itu bisa duduk. baru bentar jalan dua orang tua tadi langsung turun n ada bapak2 (pencopet tapi blm tau kalo dia copet) langsung duduk di bangku sebelah saya, alhasil saya jadi duduk di pojok deh.

pas orang itu duduk di samping saya saya udah ada feeling kalo orang ini punya niat jahat (sambil dalem hati baca ayat kursi)… trus orang di depan saya turun, abis itu saya pindah deh duduk di depan bangku saya biar lebih aman gitu. pemetaan TKP kayak gini, di samping saya ada seorang gadis, bangku depan saya bapak2, depannya lagi ada wanita muda juga (ini target mereka ternyata), duduknya tiga bangku di belakang supir. abis itu orang di belakang saya (pencopet tapi g tau yg posisinya dimana) tiba2 pinda ke bangku depan di deket pintu. mulai deh aksinya…

orang ini nanya ke gadis muda tadi, “mo turun mbak?”, “ya!”, jawabnya. lalu orang itu ngasih kode sama temen2nya di belakang, pas si target berdiri, tiba2 semua orang di belakang berdiri dan ikut maju ke depan ke arah pintu, mepet ke wanita muda tadi… kejadiannya sangat mudah ditebak penumpang lain, terutama sang peran pembantu yg duduk di depan pintu keluar (dua bangku belakang supir), yap ibu2 agak tua, dia (kayaknya) ngomong “eh..eh..”, sambil nabok2 pelang sang copet, peran pembantu ke dua duduk di depan samping supir (kayaknya temen or istri supirnya deh), melototin sang pencopet yg beraksi, krn dua peran pembantu tadi, jadinya sang target nyadar mo di copet (supir juga nyadar kayaknya makanya berenti bisnya), pas baru di pegang tas target (blm sampe di buka resletingnya) target langsung buru2 turun dan alhasil pencopet GAGAL…

saya hanya diam terpaku ngeliat itu (sama kayak penumpang lain) karena agak jauh juga jarak bangku saya dengan pintu depan. abis itu ibu2 agak tua tadi ngeluarin kayak minyak wangi dan nyiram2 ke arah pintu keluar (kayak gayanya dewi kwan im di pilem kera sakti ngasih mantra). pencopet hanya geleng2 dan gigit jari. abis kejadian pencopet masuh duduk di belakang saya dan suasana penumpang lain juga biasa.

lalu pas nyampe mampang di depan DPP PKS pencopet itu turun semua (4 orang). baru deh rame tuh kenek sama ibu2 di samping supir… kata ibu2 itu, wah, kalo g ada saya pasti udah kecopetan tuh orang, kalo ada saya mah gagal terus pencopet di sini, kan saya pelototin tuh copet :p (katanya) trus rame deh percakapan di bis. keneknya juga ikutan ambil bicara… “itu pencopet baru kayaknya, abis saya baru liat mukanya”, dalam hati saya “HAAAAHH!”, pencopet baru dan keneknya baru liat? berarti emang tuh kenek sering liat ya banyak yg nyopet di bis-nya… is..is..is…

tapi emang menurut saya juga mereka pencopet baru, cos kurang profesional (maklum pernah liat juga kejadian yg sama), biasanya kalo mereka mo nyopet posisinya tuh gini. di depan pintu keluar pasti ada yg jaga buat ngehalangin penumpang (target) yg turun supaya waktu mencopet agak lama, selain itu tujuan yg ngehalangin di pintu itu juga agar target jadi marah sama orang itu dan perhatiannya teralihkan sehingga tas nya tidak terjaga dan semakin mudah di copet, pencopet lainnya yg biasanya dua orang biasanya ada di belakang target, satu mengalihkan perhatian juga dan satu lagi nyopet deh, kalo berhasil pasti yg ngehalangin pintu ngasih tuh penumpang turun, gitu kalo yg profesional :p

jadi kalo yg tadi tuh kayaknya pencopet baru yg lagi dalam masa training… ha..ha..ha..

makanya buat temen2 or sapa aja, hati di jalan, waspada sama siapa aja orang yg tidak anda kenal, apalagi yg mencurigakan. biasanya target lebih disukai penjahat adalah wanita muda, makanya saran saya agar kalo bepergian jangan sendiri ya, minimal berdua gitu, apalagi kalo didampingi cowo (suami maksudnya -pen). trus bagi cewe kalo bisa jangan pake tas ibu2 yg digendong di bawah ketiak karena mudah dijangkau dari belakang, tapi gunakan tas yg talinya dua trus taro di depan biar lebih save, kalaopun pake tas ibu2, bagian resletingnya taro di bagian depan ya, jangan belakang v^_^

Semoga bermanfaat!

Fikri

5 thoughts on “Pencopet! Alhamdulillah Target Selamat

    1. klo di bus transjakarta mah g ada dian, mo digebukin bareng2 tuh copet, kan gbisa ngabur seenaknya wong bisa turun cuma di terminal busway doang😀

  1. emang sih rata2 semua angkutan di jakarta ini ga aman, gw juga perrnah kok jadi korban, udah lama sih. Kejadiannya di kopaja 614 cipulir pasar minggu, untung cuma 50 rb, modusnya nyari orang. ah emang brengseng semua tuh copet copet…..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s