Backup Aplikasi dan Membuat Repositorynya @Ubuntu ^_^

Setiap kita akan melakukan instalasi ulang pada komputer or laptop kita dengan OS Ubuntu, tentunya kita akan melakukan download ulang terhadap aplikasi2 yang sudah kita install sebelumnya melalui internet (kecuali kita sudah mempunyai DVD repository yang lengkap). Lalu bagaimana kita akan melakukan instalasi aplikasi (setelah isntalasi ulang linux) jika tidak ada DVD repository or koneksi internet?

APTonCD merupakan salah satu aplikasi yang bisa mem-backup packages2 aplikasi2 yang sudah kita install sebelum-nya dan dari packages aplikasi yang ada kita dapet membuat CD/DVD repository sendiri menggunakan aplikasi ini dengan isi aplikasi pada repository yang kita buat sesuai dengan aplikasi2 yang kita butuhkan saja.

langsung saja kita mulai dari instalasi APTonCD dengan mengetikkan perintah sbb :

sudo apt-get install aptoncd

atau bisa juga melalui System>Adminstration>Synaptic Package Manager

setelah instalasi selesai lalu jalankan APTonCD dari System>Adminstration>APTonCD

untuk membuat backup aplikasi2 klik Create lalu APTonCD akan men-scan aplikasi yang terinstall pada Ubuntu anda dan package2 yg di donlot sbb :

setelah itu kita bisa menambahkan package2 lain yang ada di hardisk or tempat penyimpanan lain dengan meng-klik tombol Add lalu pilih folder/file package yg akan kita masukkan sebagai repo buatan kita.

setelah seluruh package sudah di Add, maka saatnya kita buat repository kita sendiri dengan mengklik tombol Burn sbb:

Pilih lokasi tempat menyimpan file iso pada Destination of the image(s) lalu klik Apply dan proses akan berjalan seperti ini :

setelah itu akan muncul pertanyaan untuk burning file iso tadi ke CD/DVD sbb :

Backup selesai deh ^_^

Restore

untuk melakukan restore aplikasi yang sudah dibuatkan iso tadi klik Restore di jendela awal APTonCD lalu pilih file iso yang akan direstore ke ubuntu kita.

Load dan pilih file iso yang kita buat tadi :

baru deh kita load software2nya, trus pilih software/aplikasi mana aja yang mo kita install! Okeh…

Selamat Mencoba v^_^

-fikri-

5 thoughts on “Backup Aplikasi dan Membuat Repositorynya @Ubuntu ^_^

    1. segera ghi, dalam proses nyoba2 dulu, cos udah agak lupa dulu buatnya abis sekarang online terus sih, jd g pernah buat2 itu lagi :p…
      tapi repo yang ada di hardisk antum di buat isonya dulu pake aptoncd ya, abis itu baca tutorial selanjutnya ghi dari iso akan ane jadikan repo dari hardisk or media lainnya!

  1. mo nanya, saya pake dual os, nyoba backup pake aptoncd nyampe terakhir ada pesan memory /tmp gak cukup. ada solusi ga?

    1. gak ngaruh sih mo dual OS, single, or lebih dengan aptoncd… aptoncd kan sistemnya dia sebelum membuat file iso dari repo yg ada adalah menyimpan terlebih dahulu reponya dalam /tmp di root (/) folder lalu membuat isonya, dari kasus di atas sepertinya kegagalan terjadi karena kapasitas dari /tmp di root tidak mencukupi, misalnya iso dari aptoncd sebesar 1GB tapi kapasitas yg free hanya 900MB, maka aptoncd akan gagal, solusinya adalah dengan membuat root menjadi lebih kosong dengan memindahkan file2 /home (misalnya home anda tergabung dengan root) ke tempat penyimpanan lain (bisa partisi lain or hardisk eksternal) baru setelah itu anda coba lagi melakukan aptoncd.

      semoga berhasil ^_^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s