Rendahnya Kualitas Baut Pulsar 135LS

Sebenarnya kejadian yg berhubungan dengan baut pulsar 135 ini sudah terjadi sejak tahun lalu ketika awal2 launching, tetapi saya sendiri baru sekarang mengalami hal tersebut. apakah itu?

sejak awal munculnya baby pulsar ini, langsung saja terbentuk komunitasnya di kaskus yg pada awalnya belum memiliki nama dan sekarang lebih dikenal dengan nama PEGASUS. disini sedikit saya rangkum mengenai penyakit mengenai baut pulsar 135 atau biasa disebut PIES diluar penyakit2 lain yg mungkin dan pernah muncul dan dialami teman2 di PEGASUS.

Patahnya baut filter oli dan sekitarnya (bautnya sama)

ini merupakan kasus pertama yg dialami seorang teman bernama Giandi. awalnya sih bukan masalah baut, tapi masalah oli yg rembes di sekitar mesin sebelah kanan bawah (sekitar filter oli). Hal rembesan oli ini juga sempat saya alami ketika motor baru dikirim.

Setelah di cek ternyata masalahnya ada di baut yg kurang kencang atau kendur, ya solusinya tinggal kencangkan saja bautnya dengan kunci 8, alhamdulillah setelah itu PIES saya aman dari masalah rembesan oli, saya juga akhirnya mengencangkan semua baut yg ada di bagian mesin tsb, termasuk yg sebelah kiri dan atas.

seperti biasa, setiap masalah dan solusi selalu kita share di kaskus dimana tempat awal mula PEGASUS terbentuk dan menjadi tempat “curhat” dan nge-junk :p. yg pasti hampir setiap solusi dijalani oleh rekan2 yg memiliki masalah yg sama, tp mungkin beda nasib, beberapa teman yg mengencangkan baut mengalami patah baut yg menyebabkan harus di bubut untuk memperbaikinya. padahal dari info yg disampaikan tidak terlalu kencang tenaga yg digunakan, tp baut langsung patah.

ada 2 faktor yg bisa jadi penyebab, pertama karena memang bagian mesin adalah bagian yg paling panas dibanding bagian2 lain, apalagi PIES ini merupakan pulsar pertama yg meng-aplikasikan 4 klep. kedua adalah kualitas baut yg memang kurang bagus dan tidak diperhitungkan dgn panasnya mesin dan ketahanan baut terhadap panas tersebut, sehingga bisa membuat baut menjadi getas.

Patahnya baut yg menyambungkan knalpot dan mesin

hal ini juga dialami beberapa teman dimana gejala awal terdengar suara seperti gemerincing dan kasar dari bagian mesin, dan ketika dibawa terasa tidak enak. setelah di cek ternyata bautnya patah dan masuk ke dalam bagian mesin, ini berbeda dengan kasus di atas dimana patahnya dikarenakan mengencangkan baut, tapi patah dengan sendirinya.

hal ini sebenarnya sangat fatal karena pecahan baut bisa masuk kedalam mesin dan juga menyebabkan bocornya kompresi motor. pecahan2 itu atau baut itu bisa saja merusak mesin. perbaikannya pun bagi yg bautnya masuk ke mesin harus dibongkar blok mesin atas untuk membuka dan membuang baut yg patah.

alhamdulillah untuk PIES versi terbaru baut bagian ini sudah diganti dgn yg lebih kuat dan bisa dibeli di bengkel resmi untuk yg keluaran pertama yg ingin mengganti bautnya.

kalau menurut pendapat pribadi sih, ini selain panas mesin juga karena getaran PIES yg lebih besar daripada pulsar 180 maupun 200, karena PIES tidak menggunakan balancer dan klepnya ada 4, juga didukung oleh jalanan jakarta yg seperti medan offroad dan banyak lubang, ya jadi mendukung deh…😀

Patahnya baut blok mesin atas

selanjutnya ke blok mesin atas, hal ini saya alami sendiri pada hari minggu kemarin 15 Mei. hal ini terjadi ketika selesai melakukan stel klep si Pusy (nama pulsar saya). tahapannya seperti  biasa spt posting stel klep yg pernah sy posting.

ketika sudah selesai dan saya memasang tutup blok mesin atas dan mengencangkan baut, pas baut teakhir, kok tau2 los ya putaran saya, padahal belum kencang. Arrrggghhh….. ternyata bautnya patah dan paling saya khawatirkan adalah patahan baut di dalem yg gak bisa dibuka alias harus di bor dan di bubut. tapi ternyata masih ada bagian patah yg keluar sedikit dan dengen tang bisa dikeluarkan… huuufffttt….

akhirnya segera ke bengkel langganan buat nyari baut yg mirip dan lebih kuat. dan alhamdulillah dapet baut dgn kuncil L yg insya Allah lebih kuat dari baut bawaan beres.

buat temen2 pengguna PIES, harus hati2 ya mengenai baut, krn kualitasnya bisa jadi kurang baik, bisa dilihat dari penampakannya yg terkesan rapuh (pendapat pribadi). dan mudah2an Bajaj memperbaiki masalah2 yg ada pada setiap motornya dan mempermudah sparepart2 Bajaj serta pelayanannya. sayang2 kan klo motor bagus, performa mantap, tp sparepart susah dan pelayanan beres nggak beres😀 hehehe….

sumber gambar : http://www.facebook.com/home.php?sk=group_124839210907599&view=photos

40 thoughts on “Rendahnya Kualitas Baut Pulsar 135LS

  1. Pertamaxxx….(mahal beut sekarang dah..)
    Thank you artikelnya..mudah2an di follow up BAI.
    btw da jepretan hasil ane tuh…hehehe

    1. amiin… tp kayaknya klo yg baut knalpot udah di followup sih, di beres tersedia baut yg baru, tp klo mo lebih yakin beli di tukang baut aja yg kualitasnya bagus😀
      hehehe… ane comot aje dari fb pegasus, lupa nyantumin sumber gambar :p tp udah ane edit tuh😀 hehehe….

      thanks bro komennya🙂

      1. Klo mw beli diluar beres,,nyebutnya pin/baut apa & ukuran brapa ya?
        Dan bahannya terbuat dari besi apa ya yg recomended???

      2. Kalo ane bawa aja baut yg mo kita beli, minta cariin yg mirip tp lebih kuat, ane juga gak tau sih yg bahannya apa, cm bilang lebih kuat aja😀 percaya aje ane sama bengkel langganan ane :p

  2. bagian baut atas antara knalpot sama mesin… n recomendid dari beres… harus bongkar n karena udah 17500 Km sekalian Servive besar…huhuhuhuhuhu…T_T. kejadianya knalpot bagian atas aga longar dan itu pun baru 2-3 minguan service. saya kencengin sendiri lagian ngencengin doank. eh baru juga ngencengin dikit ..ga bunyi apapun patah dech…..n selama beli ampe sekarang dach 2 kali putus kopling………

    1. Sepertinya memang lemah baut knalpot itu, gak kuat nahan panas dan getaran. Kasusnya sama kayak temen yg cuma ngencengin baut mesin, padahal nggak kuat2 amat ngencenginnya, eh tau2 sleg patah.

      Kalo sekarang baut2 selalu ane lumasi pake WD40 supaya nggak kering apalagi karat. Sebisa mungkin sih ganti baut2 yg rawan patah dgn yg baru yg lebih kuat.

      Ane juga udah 2x ganti kabel kopling pake punya vespa, wajar sih, melihat kondisi jakarta yg macet, jadi sering main kopling.

    1. Hmmm… Kalo ane sih dateng ke bengkel langganan aja sambil bawa bautnya, trus ane bilang “ada baut yg kayak gini gak? Yg kuat ya”😀

      Mungkin kalo di tukang baut khusus ada banyak macem termasuk bahannya.

      Jgn lupa sering semprot wd-40 agar nggak cepet karatan.

    1. makanya ane hati2 banget tuh bro kalo ngencengin baut, jangan sampe sleg, cos berabe kalo sampe patah di dalem harus pake bubut segala T_T untung waktu itu patahannya masih nongol jadi tinggal di puter pake tang keluar lagi😀

    1. mudah2an nggak sampe ngalamin bro, asal hati2 aja sih kalo masalah baut menurut ane, apalagi kalo sering servis d bengkel jalanan ato sendiri, kayaknya mekanik bajaj udah pada tau deh mengenai ini, cos kalo abis servis d beres kadang bautnya nggak bener2 kenceng, takut patah jg kali mereka😀

    1. kalo itu nggak tau juga sih bro, yg ane tahu untuk pulsar135 edisi awal bautnya memang kurang bagus, terutama baut leher knalpot yg udah banyak korban patah, makanya di beres ada baut versi baru untuk pulsar2 135 yg edisi lama (warna mesin silver).

      tapi kalo pies ane pribadi sih nggak ada masalah berarti selain 1 baut yg patah itu😀
      atau bisa jadi juga sih kualitas material besi di india masih kurang bagus.

    1. dikencengin aja bro, asal harus hati2 nggak akan patah kok, kadang2 kan kita klo udah kenceng agak maksa dikit dipaksa ngencengin, ane itu cuma sekali doang kok patah satu baut krn agak maksa dikit, sekarang klo ane bongkar nggak pernah ampe patah lagi🙂

  3. baca artikel ini koq hati ane rasanya sedih yaa😦

    aneh baru aja beli pulsar 135LS.

    Kemarin melintas di jalan lihat pulsar 135 orang tahun 2010 udah hancur2an, knalpotnya goyang2, rantainya juga. Dalam hati ane berkata koq baru 1 tahun tuh motor ud hancur banget, apa karena rapuh besi2nya.

    Setelah lihat artikel ini ane makin merasa sedih jadinya milih pulsar 135LS😦
    Selain suara mesin kasar, kelihatan besi2nya memang tidak sehalus motor jepang.

    Tapi apa benar mas pulsar dari perfomance cukup bagus ? thx udah bagi2 info mas

    1. nggak usah nyesel bro, ane malah beruntung bisa dapet motor yg bagus dengan harga sangat terjangkau, best value menurut ane bro

      menurut ane yg jelek bukan motornya bro, tapi dealer atau bengkel bajaj itu sendiri, motor bagus tapi klo penanganannya asal2an pasti jadi ancur, makanya sampe setelah servis gratis abis ane nggak pernah lagi servis di bengkel resmi, karena motor selalu jadi nggak enak, ane biasa servis sendiri dirumah untuk setelan klep dan air screw karburator, ane ke bengkel langganan ane cuma buat bersihin karbu krn ane nggak punya alatnya.

      sampe sekarang motor ane nggak ada masalah selain sekali patah bautnya, artikel2 yg ane share di sini adalah kasus2 yg pernah dialami sama pengguana pulsar yg lain, bahkan hapir dua tahun ane pake cuma ganti kabel kopling aja selebihnya nggak ada selain yg rutin diganti kayak oli.

      over all ane puas sama performa dan keiritan nih motor tanpa mengesampingkan kekurangan atau trouble yg terjadi pada pengguna lainnya

      kalo getarnya parah selain nggak enak dibawa jg bisa ngerusak klep krn bisa jadi setelan klep nggak pas, apalagi ini klepnya 4 dimana tiap sepasang harus bener2 presisi….

  4. Waduh, saya jd ragu nih mau meminang Pulsar,,, Ada satu pilihan lg “Apache”, mau cari tau dulu infonya,,, Klu kendalanya msh banyak jg, terpaksa nunggu cukup buat beli Vixion ja,,,

  5. @ budi bong,
    Jangan gusar bang… mungkin itu orang kurang rajin ngerawat mtr nya..
    saya juga baru beli p135, 3 hari pake aku ganti olie eh pas buka baut penutup olie nya ‘ patah ‘
    akhirnya di bikin baut baru [di bkl bubut] ..udah gitu aja selesai…
    mungkin akan saya ganti semua baut2 nya..biar yakin gak bakal masalah lagi…

    kalao menurut saya ini mtr bagus sebenarnya..ya best value klo pinjam istilah Bang Fikri..
    maaf beberapa kali pake mrek mtr. vespa, yamaha, suzuki, honda…semua sama pya kekurangan dan kelebihan…

    Tapi untuk Bajaj kasus baut patah memang seharus nya tidak terjadi.
    sepele tp bikin shock…!

  6. assalamu’alaikum.. bang fikri.. sya kan baru ngmbil pulsar 135 LS nih.. dri awal emng udah naksir sma ni mtor, slain yg katanya bahan bkar;a irit performa dan tenaga’a juga maksimal.. gk kalah sma motor2 sport dikelasnya.. nah yg sya mau tnyain tuh gimana cara gabung ke komunitas PEGASUS ini bang.. sya ckup berminat.. dan apakah komunitas pegasus ini sama/satu kesatuan dengan PULSARIAN RANGER..?? mhon pnjelasannya ya bang… ^_^

    1. Wa’alaikumsalam.. Salam kenal bro🙂

      Untuk gabung tinggal absen sm ngisi form aja di kaskus bro, ato di facebook, trus ikut kopdar deh, simple nggak ribet kok, cos kita komunitas bentuknya, jd nggak terlalu formil jg.

      Pulsarian, pioners, power, prides, itu beda komunitas bro, tp tetep satu naungan komunitas bajaj, suka kopdar bareng jg, mo ikut yg mana aja sama aja kok, sm2 menyambung silaturrahim sama banyakin sodara🙂

      1. dari keluhan yang teman2 paparkan tentang kekurangan pulsar 135 seperti baut yang mudah patah/rapuh,itu mrupakan mslah yg amat fatal dan tidak bisa ditolelir menurut saya,tapi yang saya tidak habis pikir kenapa bangfikri menganggap hal ini sebagai masalah yg sepele jangan2 bangfikri bekerja perusahaan motor bajaj.jujur awalnya saya ingin membeli motor bajaj karena harga murah,tapi setelah saya tw kekuranganx saya pkir2 lg untuk beli nich motor,semua yg namanya bikinan manusia pasti ada kelemahan dan kerusakan tapi klo kelemahannya kyak gini miris bro ngebayanginnya, belum apa2 udah mulai rontok tuch baut.

        salam damai untuk semuanya

  7. punya saya juga kaya gitu pas ngencengin baut oli patah kalo mau ganti sama nya dengan apa ya kalo yang tempat belinya di bandung tolong hubungin saya di no 089656396701

  8. aku juga pakai P135, selama 3 tahun aman2 saja……, cuma kadang stelan stasioner karbu agak susah, tapi setelah aku ganti karet vakumnya nyaman2 saja. cuma setelah 3 tahun oli rembes di bagian atas. sudah aku ganti karet seal nya tapi cuma tahan 8 bln. mungkin ada teman2 yang punya pengalaman sama bagai mana biar karet tersebut lebih awet…..,

Leave a Reply

