18Juni.. Alhamdulillah Pusy usianya sudah genap 2 Tahun.. dapet hadiah baru nih pusy :D

Akhirnya punya waktu juga buat nulis ni artikel, walaupun udah luamayan kadaluarsa dari juni bari ditulis agustus😀 hehehe….. sampe agak lupa kerangka tulisan yg dulu udah sempet di konsep (makanya catet :p)

Langsung aja deh, alhamdulillah per 18 Agustus 2012 genap 2 tahun umur si pusy, kilometer ada di kisaran 22.000, maklum udah jarang dibawa keuar kota lagi😀 pada artikel ini saya akan sedkit membahas ulang performa diusia yg semakin tua di salah satu pies generasi awal di indonesia ini.

Dari sisi mesin dan performa di usia 2 tahun

dibagian mesin mungkin suaranya ya sekarang yg agak sedikit kasar walaupun tidak signifikan, tp agak berefek ke getaran yang saat ini merambah ke stang dan tangki dekat karet tempat kita duduk, diawal2 getaran dibagian ini nggak jauh beda dengan motor2 jepang, tp sekarang getarannya sedikit lebih besar.

Penyebab? bisa jadi karena udah lama juga saya tidak melakukan penyetelan klep, sudah kurang lebih 6 bulan klep udah nggak pernah di setel lagi, terakhir cuma membersihkan karburator, bukannya malas krn motor makin berumur, tp karena memang secara performa belum perlu untuk dilakukan servis berkala. Perlu diketahui juga motor ketika motor sering di servis bisa mengurangi umur karbu, khususnya bagian karet vacum yg bisa menjadi getas ketika sering cabut-pasang, walaupun jangan terlalu lama juga tidak servis.

Untuk performa pasti ada penurunan dibandingkan awal ketika membeli walaupun untuk saya tidak terlalu dirisaukan, karena saya pribadi klo dihitung baru satu kali menggunakan pusy sampai 100% keluar kemampuannya, tepatnya saat akselerasi saya maksimalkan dan kecepatan mencapai sekitar 115kpj di jalan parung, selain itu saya lebih suka eco riding, walaupun ngebut tetap gas ditarik secara perlahan. Untuk penyebab penurunan performa tentu semua pasti tahu dong, krn umur dari sparepart yg sudah menua dan belum diganti seperti kampas kopling etc.

Keawetan/Pergantian Sparepart

Hal di atas seperti yg saya sebutkan berhubungan jg dengan sparepart, berikut beberapa sparepart yg sudah saya ganti dan pendapat saya mengenai keawetan sparepart tsb.

Pergantian rutin jangka pendek : tentunya ada sparepart yg umurnya pendek yg selalu saya ganti berkala, yaitu filter oli yg saya ganti ketika pergantian oli 2 kali atau max 3 kali.

Pergantian rutin jangka menengah : busi sudah 1x diganti, begitu juga filter udara, biasanya kedua ini per 10rb km. Kampas Rem depan sudah 2x ganti, terakhir pas ultah kedua pusy dan karet tromol sudah 2x ganti karena suatu masalah yg akan saya bahas di artikel berbeda, doakan saja bisa menyempatkan waktu dalam waktu dekat ini. tali kopling 1x ganti punya vespa dan 1x ganti ori. tali gas udah 1x ganti karena jalur talinya bertambah panjang, sehingga walaupun sudah disetel paling jauh gas tetap tertarik ketika belok kiri.

Pergantian jangka panjang : belum ada. mungkin kalau ingin meningkatkan kembali performa pusy sepertinya harus ganti kampas kopling dan per koplingnya, tp sampai sekarang blm terlalu masalah. ganti aki karena rusak karena kesalahan sendiri, nanti akan saya bahas di artikel terpisah

Mengenai jangkanya itu cuma prediksi saya pribadi, kalau ada yg salah mohon dikoreksi.

Masalah yg masih ada (belum solve) dan masalah baru yg datang

di usia 2 tahun ini masih ada masalah pusy yg bertahan sejak beli, lalu saya review di umur 1 tahun sampai sekarang.

Pertama, masalah getar berlebih. Ini belum solve dan saya pribadi belum menemukan solusinya, mengganti knalpot pun masih meninggalkan getaran di rpm tertentu walaupun agak berkurang dibanding knalpot standar.

Kedua, kelistrikan. yg dulu prediksinya baik di kaskus maupun di blog masalah “aki genit” karena input dari putaran mesin ke spul – kiprok lalu ke aki yg kurang untuk output tidak sepenuhnya benar. Karena sesuai yg disampaikan BAI bahwa yg error adalah indikatornya yg tidak balik lagi setelah genit adalah sesuai dgn yg saya rasakan. Jadi “aki genit” memang karena indikator di spidonya yg error, karena putaran 2000rpm sudah cukup untuk semua kelistrikan normal pies.

Ketiga, Kekuatan Baut. Walaupun tidak sekuat merk jepang tapi baut2 pusy bisa dibilang lumayan kuat jika tahu cara perlakuannya/dilakukan secara wajar ketika membuka dan mengencangkan. Tp jika ragu akan lebih baik mengganti ke baut yg lebih kuat.

Keempat, mungkin masalah baru yg buat saya tidak terlalu masalah tp bermasalah untuk yg suka ngebut, yaitu tarikan menjadi agak berat.

Kelima, aki yg melemah. Klo nggak di cek air akinya dan diisi pasti bakalan cepet soak😀

Bonus Buat Pusy

ada dua bonus yg saya berikan untuk pusy.

Pertama, Langsung liat gambarnya aja ya

Kedua, belum sempet upload fotonya. menyusul ya di artikel terpisah😀

Terimakasih

18 thoughts on “18Juni.. Alhamdulillah Pusy usianya sudah genap 2 Tahun.. dapet hadiah baru nih pusy :D

  1. bang fikri …. saya baru punya pulsar 135 LS yg merah hitam … setelan anginnya yg mana ya?? yg di dalem karburator ya dari sebelah kiri?? apakah benar dalam kondisi hujan mesin akan mati ?? mohon cahaya dari abang fikri ,,, supaya terang benderang riding saya …. terima kasih🙂

  2. setelan anginnya ada di bagian kiri motor bro, klo dilongok dari kiri ke bagian karburator disitu ada setelannya pake obeng min (-).

    udah tahun ane nerobos ujan dan banjir nggak mati kok bro mesin, khusus nerobos banjir asal jangan berenti aja pas di banjirnya ya bro

  3. Bang fikri

    Mao nanya donk. Ane kan baru aja beli pulsar pies bln 7 plat dikirim. Baru jalan 300an km cmn uda pake servis prtama. Nah ane rasain kok smenjak servis malah suka aneh ya?

    1. Indikator aki low suka nyala pas motor diam nyala.
    2. Motor suka mati pas di jalan, pas kondisi lg mao pelanin motor turunin gigi.

    Nah trus dr awal beli kok susah sekali ya mao netral.. pnyakit pulsar kah?
    Utk saat ini ane slalu netralin dr jauh sblm berhenti n itupun dr gigi 2.
    Tp klo dlm kondisi diam susah sekali netralinnya. Ada triknya gk ya mas??

    1. Wah.. Parah nih beres emang, selalu g bener servisnya, ane aja abis servis gratis abis nggak pernah servis d beres lg.

      1. Klo generasi baru harusny spido udh bener tuh, genitnya bs jadi karena aki lemah, coba cek ketinggian air akinya udah pas blm, cos punya ane jg pas mo umur 2thn krn lupa nambahin air aki jd tekor deh. Trus klo berenti rpm ada di berala ribu bro? Di set minimal 1500rpm ya pas idle

      2. Pertama bisa rpm kekecilan, kedua bisa kepanasan mesinnya sehingga rpm drop jadi mati bro. Coba stel klepnya lebih renggang dan rpmnya dibesarkan pas idle termasuk setelan anginnya

      Semoga membantu
      Terimakasih

      1. Wah makasih ya bang.

        emang nih kemaren ane servis gratis di Fontana motor yg di gunung sahari jak-pus.Teknisi lg kosong cmn 2, trus yg servis jg kyna masih baru2 belajar.. kemaren pasang yang buat bensinnya itu (karburator ? mklum newbie gk ngerti hehe) aja gak bisa2 gagal mulu ampe 3x, akhirnya dia mnta tolong head techniciannya langsung beres.

        Hmm soal setel klepnya musti ke bengkel kyna soalnya ane gk ngerti hehe.
        ada bengkel slain beres yg bisa megang servis pulsar di daerah jak-pus?

        Kalo dalam diam sih rpm nya 1500..
        ane uda ikutin agan buat netralin gigi dgn cara gas n buka kopling dikit dr gigi 2.. dan bisa.. thank you ya tipsnya.

    2. untuk masalah menetralkan gigi memang semua pulsar agak sulit dinetralkan ketika berhenti, tapi lama kelamaan kalau sudah terbiasa dan ketemu feel untuk netralin pasti bakalan lancar netralin pas berhenti. Atau pakai trik ketika berhenti buka gas sedikit sambil buka kopling sedikit jangan sampai jalan motornya, tarik kopling lalu langsung netralkan.

      menetralkan lebih mudah dari gigi 2 karena caranya menginjak, jadi besar tekanan stengahnya bisa lebih pas dibanding dengan mencongkel

  4. Bang Fikri, salam kenal.

    ane ad keluhan ni sma pies, klo langsam smpe rpm 6000 ad bunyi ngelitik parah bgt, tp klo rpm d atas 6000 ngelitik berkurang, udh stel klep k standar tp sma aja, bbm pertamax jga sma msih ngelitik parah, kta tmen2 di forum sih seher numpuk sma kerak, menurut bang fikri gmna???

    1. Salam kenal juga bro🙂
      wah, kalo masalah ini ane nggak ahli bro, takut salah jawab, cos alhamdulillah pusy masih sehat wal afiat, paling agak geter di antara 6000rpm udah dari dulu.
      bisa jadi temennya bener tuh :p emang sebelumnya pake bensin apa? kalo ane dulu walopun pake premium tapi ditambah tora-tora yg sekarang jadi norival, selain bisa ningkatin oktan jg bisa mengurangi/mencegah kerak bro

  5. hhmmm bgitu ya,,,
    sbelum ny sih pke premium di oplos sma pertamax (2:1)
    btw,request tutor bore up pies donk bang, lebih sering post tentang pies jga ya bang…heheh
    sbelum ny bnyak trima ksih nie bang…

  6. bang, pulsy 135 ane dah 2thn 5bln, odometer 37rb km, busi blm pernah ganti, coz dicek mash bagus, utk konsumsi premium sdh ane akalin karbunya dg ganjal jarum skep 0,5mm biar agak boros dikit, biar gak ada ngelitik, tp msh dpt skitr 55km/ltr bt jalan 70-80km datar…
    cuman masalahnya knp ya kalo digeber diatas 100km/h habis itu trus kayak kehabisan bensin, mesin mau mati mlulu kalo gas gak ditarik dalem…?

  7. Assalamualaikum…knalin bang saya hisam asal kediri, pies
    ane karet vacum karbu nya sobek, beres skitar gk da yg punya, so
    smntara ane lem dulu, kira kira bisa di ganti pake punya motor apa
    ya?? jawabannya sangat ane tunggu. trmksh bnyk sblmnya…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s