Mengenai Getar di Pulsar 135 LS

Kali ini mau sedikit mencoba membahas mengenai getar yang sering terasa pada varian pulsar 135 ls. Memang jika dibandingkan dengan kakak-kakaknya varian pulsar yg lain, untuk 135LS ini memiliki banyak perbedaan. Jika dilihat sekilas dari body motor nampak jelas perbedaan desain pulsar 135 ls lebih sporty dan tampak lebih modern dibanding pulsar lainnya yang terkesan gitu-gitu aja.

Dari spek mesin varian ini merupakan yang pertama yang menerapkan 4klep 2busi, sehingga tenaganya lebih nendang dibanding motor dikelasnya.Dan sebenarnya karena pengaplikasian 4klep inilah yang membuatnya menjadi lebih panas dan getaran yang lebih besar dibanding pulsar lainnya. Pada varian ini ternyata tidak ada balancernya seperti pulsar lainnya, sehingga suara mesin lebih kasar dan lebih getar, dimana kita ketahui salah satu cirikhas suara zziiingg pada mesin pulsar dihasilkan dari balancer ini, oleh karena itu pada pulsar 135 ls tidak terdapat suara itu.

Berikut beberapa penyebab getar di pulsar 135 ls :

  1. pengaplikasian 4klep
  2. tidak adanya balancer pada mesin
  3. knalpot yang nahan dan nendang balik, walaupun hal ini berguna untuk menjaga tenaga agar tetap padat dan tidak ngempos khususnya pada putaran atas
  4. baut yang kendor. Khususnya baut-baut yang menyambungkan antara mesin dan rangka
  5. klep yang terlalu renggang dan setelan karburator yang terlalu kering

Beberapa solusi mengurangi getar :

  1. ganti knalpot dengan knalpot freeflow agar gas buang tidak tertahan, tentunya dengan hitungan sesuai spek mesin. Knalpot freeflow sebenarnya juga memiliki efek negatif dimana tidak ada tekanan/dorongan balik dari knalpot ke mesin, sehingga terkadang klep tidak terdorong balik dan bisa menyebabkan seher aus
  2. kencangkan semua baut, khususnya yang mengambung langsung dari mesin ke rangka
  3. jetting karburator yang sesuai, jangan terlalu basah dan jangan terlalu kering, cari hingga mendapatkan warna busi merah bata, biasanya tiap motor akan beda putaran air screwnya
  4. setel klep agar tidak terlalu renggang tapi juga jangan terlalu rapat, jangan terlalu jauh dari setelan standar pabrik in 0,05 dan out 0,10

CMIIW

Semoga bermanfaat🙂

Posted with WordPress for BlackBerry.

51 thoughts on “Mengenai Getar di Pulsar 135 LS

  1. sippppppppp
    tipsnya sangat bermanfaat bro. . .

    lama bener stnknya . . . .
    punya adik ane udah hampir sebulan belum turun juga stnknya . . . .

    kalau ane tetep setia sama si gambot p200 aja dah . . .
    mau naik kelas 220 nangung banget, mending ditabung buat naik haji aja . . .

    keep brotherhood,

    salam,

  2. sedikit tips ringan broth :
    1.pake oli minimal SAE20w50 trus yg api servicenya setinggi mungkin misal motul ester 3100.
    2.modif extreme : pasang oil-cooler supaya overheat mesin berkurang..
    3.ga ada balancer -> nasip.. apes..😥
    4.pake bbm berkualitas misal shell supaya ga cepet ngelitik😉

      1. ane blm pasang oil cooler bro, blm butuh dan udah 2 tahun ini fine2 aja sih, khawatir olinya mampet jg malah nanti bikin mesin rusak lagi bro, ane masih ikut standar pabrik aja😀

  3. pulsar 135 ane kl kondisi jalan macet mesin jadi puanas bangets… langsung deh akselerasi jadi berat. tenaga motior langsung loyo… kopling dilepas perlahan langsung bunyi degedeggedeg kaya mesin mao mati. susah deh ngimbangin gas ma kopling..

    1. kalo gitu kemungkinan setelan klep terlalu longgar bro sama setelan karbu terlalu boros, coba deh klepnya agak dirapetin sama karbu dibikin lebih kaya bensinnya (sekitar 4 putaran), nanti mesinnya akan cepet adem kok, cuma jadi agak lebih boros, tapi nggak signifikan kok🙂 cos punya ane sampe saat ini nggak ada masalah yg berarti tuh, lancar2 aja dan asik klo di ajak jalan yg pasti suka macet di jakarta😀 hehehe…

  4. wadoo baca nih artikel ane jadi rada nyesel beli pulsar, kurang teliti harusnya seblm belicari tahu info sebanyak mungkin.

    Ane baru beli ni motor dan bingung ni motor koq suaranya kasar, jd ternyata emang begitu toh. Bro suara kasar itu kalo didiamin kira2 merusak mesin tidak ya ? thx info nya

  5. nggak usah nyesel bro, ane malah beruntung bisa dapet motor yg bagus dengan harga sangat terjangkau, best value menurut ane bro🙂

    menurut ane yg jelek bukan motornya bro, tapi dealer atau bengkel bajaj itu sendiri, motor bagus tapi klo penanganannya asal2an pasti jadi ancur, makanya sampe setelah servis gratis abis ane nggak pernah lagi servis di bengkel resmi, karena motor selalu jadi nggak enak, ane biasa servis sendiri dirumah untuk setelan klep dan air screw karburator, ane ke bengkel langganan ane cuma buat bersihin karbu krn ane nggak punya alatnya.

    sampe sekarang motor ane nggak ada masalah selain sekali patah bautnya, artikel2 yg ane share di sini adalah kasus2 yg pernah dialami sama pengguana pulsar yg lain, bahkan hapir dua tahun ane pake cuma ganti kabel kopling aja selebihnya nggak ada selain yg rutin diganti kayak oli.

    over all ane puas sama performa dan keiritan nih motor tanpa mengesampingkan kekurangan atau trouble yg terjadi pada pengguna lainnya🙂

    kalo getarnya parah selain nggak enak dibawa jg bisa ngerusak klep krn bisa jadi setelan klep nggak pas, apalagi ini klepnya 4 dimana tiap sepasang harus bener2 presisi….😀

  6. salam kenal bang fikri, saya pengguna PIES baru, mohon pencerahanya, saat ini Blackchaser (BC) PIES hitam saya terasa sekali getarannya di stang kanan (akselerasi) sehingga bikin cepat kram, kalau dipakai jalan kecepatan 60-70 kpj selama setengah jam lebih, sedangkan di stang sebelah kiri tidak terlalu keras, apakah hal ini pernah dialami oleh bang fikri?kira kira apa yang harus diperbaiki? terimakasih

    1. salam kenal bro🙂
      kalo masalah getaran ane rasa semua pengguna pies merasakannya, cuma terkadang memang beda2 tingkat getarannya, tergantung sekali dengan setelan klep dan karburator, ya walaupun sudah pas tetap masih ada getaran yg ane rasakan masih wajar kecuali di rpm 7rb.

      kalo getaran beda antara stang kanan dan kiri ini baru aneh dan ane baru denger :p menurut ane sih itu karena kekencangan stang yg berbeda antara kanan dan kiri, yg pasti dari mesin getaran itu disalurkan ke stang, semakin kendor stang tentu akan sekain terasa goyang stang tersebut, coba deh minta beres untuk kencengin stangnya bro agar sama kekencangan antara kanan dan kiri, buka aja dulu dua2nya trus pasang agar pas kekencangannya.

      klo ane sendiri blm nemu solusi mudah dan murah untuk getaran, tapi kalau dengar dari anak2 pegasus mereka mengurangi getaran dengan menggunakan knalpot free flow, itu karena knalpot standar menahan buangan dari mesin ke knalpot dan dikembalikan lagi ke mesin, ini berguna untuk membantu mesin tutup buka klep tp konsekuensinya getaran bertambah karena buangan gasnya ketahan di knalpot, kalo diganti knalpot free flow gas buang nya langsung los jd getaran bisa lebih berkurang, metode ini bisa mempercepat kerusakan mesin dibanding knalpot standar, dan ane tidak mengganti ini selain dari nggak ada dana :p

      semoga membantu

      1. Terimakasih Bang atas jawabanya sangat membantu, besok sy coba bw ke Beres untuk cek stang dan stelan klep, karbunya.
        Buat Bro dodolbeurem salam kenal, tertarik juga buat ganti tp saat ini mau menikmati dl dgn stang jepiynya pies, nabung dl buat bl stang.

      2. bang fikri… ane baca dforum pies ada tuh yg ganti tonjokan tensioner untuk mengurangi getaran..
        bnr ga ya ?

  7. bang mohon bantuannya,,pies ane ada getar di kaca fiber spedo,.itu berisik banget kalo lg d gigi bawah..,apa itu mungkin karna lemnya kurang kenceng ato gmn?

    thx..

    1. coba bagian selah antara visor sama spidonya diganjel sama karet ban bro supaya getarannya berkurang, cos ane juga ganjem tuh selah pake karet supaya keredam getarnya n jangan lupa ngencengin baut2, tp klo mo ngencengin lemnya lebih bagus, tp klo ane ribet mesti bongkar2😀

  8. w punya pulsar 135 baru 1,5thn .mesin sdh bunyi ga biasanya ,pas di cek Bearingnya rusak , sdh diganti di bengkel resmi, tapi belom sebulan rusak lagi. gmn nih motor ngerongrong truusss

  9. salam kenal

    Mau tanya bro, untuk pIES ku ,lagi enak ngegas tiba tiba ngempos di rpm 4000 keatas sampai suara mesinnya mati . ini kenapa ya?mhon infonya ya ,tks

  10. salam kenal

    Mau tanya bro, untuk pIES ku ,lagi enak ngegas tiba tiba ngempos di rpm 4000 keatas sampai suara mesinnya mati . ini kenapa ya?mhon infonya ya ,tks

    1. wah, kalo masalah kayak gini ane blm ngerti juga bro, coba cek ke mekanik deh kalo kejadiannya sering… ini pas mesin udah dipake lama panas apa setiap nyala di rpm tsb?

  11. Abis servis ke-1 PIES ane di JAR S****h*** nih bang, koq jadinya malah muncul problem:
    Stang jadi lebih getar dari sebelumnya. Emang sih PIES lbh geter dari kakak2nya karena lom ada balancernya. Tapi koq setelah servis pertama jadi malah nambah geter ya?

    Apa bener kalo all variant Pulsar terutama Pulsar 135 itu stangnya pasti sedikit getar? Mekaniknya bilang kalo stang pulsar sedikit getar itu normal. Semuanya juga begitu.
    Kalo bener begitu, pegel juga donk nih tangan pake Pulsar…:(

    1. emang geter bro, tapi harusny masih wajar geternya kayak motor lain lah, cm memang di rpm tertentu getaran lebih besar dan ane sampe sekarang blm nemu solusi kalopun kata temen yg udah ganti knalpot costum bisa hilang tuh getar, tp ane blm coba.

      nah, getar yg berlebih bisa jadi setelan karbunya terlalu irit bensi bro, jadi mesin kering dan lebih besar getarannya, coba di setel lebih boros karbunya, sekitar 3.5 putaran, juga untuk klep jangan terlalu renggang apalagi rapat, lebihin 0.3mm aja max dari setelan pabrik bro.

      emang mekanik bengkel bajaj nggak ada yg bener, ane abis selesai servis gratis 4 kali sampe sekarang nggak pernah lagi servis di bengkel bajaj, masa bodo deh sama garansi😀

  12. halo bang fikri…pulsar 135 ane br 15 bln nih…kasusnya sih sm ama tmn2 yg lain suaranya kasar trus tarikannya jd berat bgt…gk ada larinya…kenapa ya bang

    1. ane juga sempe ngalamin bro, dan ada beberapa penyebabnya yg pernah ane alamin, berikut sedikit yg ane alamin :

      1. tarikan jadi makin berat, ternyata karena emang udah lama ane blm servis bersihin karburator, abis servis greng lagi

      2. udah lama juga nggak nyetel kerenggangan klep dan klepnya jadi makin rapat, so tarikan jadi makin berat, ya ane tinggal longgarin lagi deh😀

      3. padahal udah servis baik karbu maupun klep, baru ganti oli lagi, kok masih berat ya? plus starternya jd makin susah… eh ternyata akinya udah mulai mau soak, jadi pengapiannya jelek sehingga pembakaran kurang sempurnya, jadi tambah boros lagi, pas ganti aki baru… langsung greng lagi jadi tambah enteng.

      4. klo selang pernafasan karbu kesumbat jg bisa bikin berat, ngempos or brebet lho, so jangan sampe kesumbat ya😀

      5. yg ini ane belum ngalamin sih, tapi katanya klo udah mulai berat bisa jadi udah umurnya tuh kampas kopling untuk diganti bro🙂

      Semoga Membantu🙂

  13. pulsar135 saya dah gak mampu lari diatas 80 kmj. kl dipaksa mesin langsung brebet/ndut2an, buntutnya mesin langsung mati. kl sudah gini setengah mati ngidupinnya. kick starter langsung ngempos. dah ke beres tetep gak ngaruh. penyakitnya sama aja. kayaknya beres bajaj amatiran semua.

    1. klo misalnya setelan klep sama karburatornya udah bener mungkin ini penyebabnya bro, bisa jadi selang pernafasannya kesumbat atau kehambat sesuatu, bisa jadi juga bagian filter udaranya yg kesumbat, sehingga ketika diajak ke rpm tinggi dan kecepatan tinggi dia brebet atau ngempos karena kekurangan asupan udara, sama juga ketika karbunya kamasukan air. coba ditelusur selang yg ada di karbu yg ke arah atas tangki untuk pernafasan karbu selain dari filter udara.

      semoga membantu bro🙂

  14. Trimakash bang fikri atas penjelasannya, tapi kasus diatas kan sudah ditangani BERES melalui service rutin. carbu dibongkar dan dibersihkan demikian juga filter udara. apa itu masih kurang?. sebagai tambahan busi saya agak berkarang/kerak putih.
    pertama kali beli speed PIES saya bisa mencapai 120 kmj. sekarang gigi 5 gas mentok cuma 80kmj max. itupun mesin mati sesudahnya, bikin malu aja.. buth waktu lama ngidupinnya lagi. elektrik starter ga ngebantu kick starter malah ngempos. mandi keringat saya dibuatnya. yg terakhir, stelan klepnya dimana bang, trus ada saran gak wat set carbu yang pas? maklum newbie bawel hehehe. terimakasih.

  15. bang,saya mau tanya,cara standar yang paling ampuh buat nurunin suhu mesin yang klewat panas gimana ya?soalnya pies saya tiap hari dipake jarak jauh sktar 60km/hari nya. Apa harus pasang oil cooler atau oil breather?cari bengkel modifikasinya dimana ya?trus ada bunyi ngelitrik di rpm 2000/3000.kedengernya pas bukaan penuh tuas kopling.mohon bantuan dan penjelasannya.trima kasih

  16. bang Fikri, masalah getar meskipun sudah stel klep masih kerasa geter banget, kemudian saya coba ganti pelegnya depan ternyata udah ga terlalu geter lagi stang, tapi sekarang geternya pindah diboncenger terasa keras banget. hehehe apa perlu ganti peleg belakang lagi ya?

    1. gan ane mau tanya ?
      suara motor fulsarnya ko kasar yaa ” tek tek tek” rantai keteng , berring , sama tensioner udah ga masalah
      itu knapa yaa ?

  17. Tak terasa si merah ane udah 2 tahun nih, kilometer udah 49ribu lebih, kalo disambung2 sama aja keliling pulau jawa tuh. Kemarin servis ganti rante keteng, tensioner,oli dan bersih2 abis 400ribu. Sebelumnya diservis mentok di 92 kmj, paz udah diservis dengan mudahnya dapat 100kmj. terasa baru kembali. terimakasih bajaj..haha..kaya iklan klinik di tv

  18. lam kenal bro skalian, ane juga punya pies, masalahnya ya itu tadi mesin getar sampe batok lampu. berisik bgt bikin stres.. stelah ane baca2 posting di atas ane dah paham.. pertanyaan ane adalah oli apa yg bener2 bagus buat pies..? mohon pencerahannya bangfikri.. tq.

  19. bangfikri,motor saya pies,pake oli standar dealer,tp hasilnya mesin terlalu panas,mesin sering mati jika waktu berhenti,tenaga loyo jika mesin panas,
    pendapat temen2 olinya gak cocok, kira2 oli apa yang bagus buat pies??
    catatan motor ini dipake untuk bawa beban kira2 1kwintal
    trimakasih.

  20. Gejala brebet pi3s biasanya karena tangki bensin kemasukan air. biar brebettnya hilang.,buka selang bensin nya, biar airnya keluar. Tampung aja di plastik putih,nti keliatan airnya, meski air yg masuk ga banyak,, tpi ngaruh banget gan, bikin tarikan jdi ngemposs.

  21. agan2 master.. pies ane kalo mesin dalam keadaan panas dan gas ga dikeber bisa mati ndiri. jd terpaksa di geber2 trus. pas ganti dari gigi 4 ke 5 .. mesin mati. apa yg salah ya . aki oke. baru srvis.. mohon pencerahannya thx

  22. Bang Fikri……. P 135-nya dikasih oli merk apa, kalo boleh ane tau. trus nyetel ketegangan rantai kampratnya gimana? thanks….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s